Mau Belajar Coding Gratis? Yuk Intip 7 Situs Ini




coding

Belajar tentang coding atau pemrograman memang butuh perjuangan ekstra karena hal itu tidaklah mudah dilakukan. Akan tetapi saat ini, banyak cara yang dapat kita lakukan agar proses belajar coding menjadi hal yang mudah.

Dikutip dari tekno.liputan6.com, seperti yang kita ketahui bersama bahwa ilmu coding tak saja didapat dengan jalur perguruan tinggi. Tapi ilmu coding bisa diinterpretasi dari kehidupan sehari-hari, termasuk juga dengan online learning.

phyton

Bahasa Phyton merupakan salah satu bahasa pemrograman (image : jurnalweb.com)

Bahkan dapat dikatakan metode ini sangat mudah diterima oleh siapapun yang berminat belajar coding. Mesti belajar coding itu tak murah, akan tetapi ada beberapa situs yang penggunanya belajar coding secara gratis. Nah ini adalah 7 situs yang menawarkan belajar coding gratis.

1.Code Academy

Situs ini adalah satu yang menyediakan pembelajaran coding secara gratis yang dapat menggandeng lebih dari 24 juta pengguna.

Dengan Code Academy ini kita dapat belajar soal HTML dan CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Phyton, serta Ruby tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

2.Coursera

Situs ini didirikan pada tahun 2002 yang lalu, Coursera tumbuh menjadi sebuah perusahaan edukasi teknologi profit yang memberikan penawaran lebih dari 1.000 jenis kursus dari 199 institusi yang berbeda-beda.

Bahkan, mereka juga telah memberikan penawaran kepada kita beberapa jenis kursus spesialisasi di universitas ternama seperti halnya University of Washington, Stanford, Universuty of Toronto serta Vanderbilt.

3.eDX

Situs ini adalah platform online learning opensource yang pendirinya adalah MIT bersama dengan Harvard University pada tahun 2012.

Pada saat ini, eDX telah mendirikan sekitar 60 sekolah yang menawarkan program khusus mata pelajaran Introduction to Computer Science secara ekslusif.

4.Udemy

Udemy ini didirikan pada tahun 2010, Udemy sendiri adalah satu platform online learning dengan memberikan penawaran coding lewat video.

Adapun beberapa kursus populer yang ditawarkan pada situs ini anatar lain Programming for Entrepreneurs, HTML & CSS, ada juga Introduction to Phyton Prgramming.

5.GitHub

Bila kita ingin belajar coding dengan e-book, maka kita dapat mencoba situs GitHub. Dalam situs ini, penggunanya dapat mencari buku programming yang kita inginkan.

Bahkan situs ini menawarkan koleksi buku programming dalam jumlah yang banyak, yakni lebih dari 500 buku dengan pilihan 80 bahasa pemrograman yang berbeda.

6.CodeAvengers

CodeAvengers ini adalah situs yang berasal dari Selandia Baru, dalam situs ini memberikan kursus coding yang menyenangkan dan juga interaktif.

Di situs ini akan mengajarkan kita bagaimana melakukan pemrograman dengan rangkaian gim, aplikasi, dan juga situs yang menggunakan HTML & CSS dan JavaScript.

7.KhanAcademy

Situs ini diciptakan pada tahun 2006 oleh Salman Khan, yang menyediakan kursus coding gratisan dengan video tutorial step-by-step. Dalam situs ini kita dapat belajar coding lewat animasi, bermain gim, dengan JavaScript serta ProcessingJS.

Comments

comments