Lampu Tidur Aroma Terapi, Untuk Kenyamanan Istirahat Anda

Kesibukan sehari-hari kita sedari pagi hingga petang membuat kita lelah dan membutuhkan istirahat. Karena badan kita ini juga mempunyai hak kebutuhan biologis untuk istirahat. Pada umumnya kita butuh waktu 8-10 jam dalam sehari untuk istirahat.

Istirahat tidur kita sangat penting untuk menjaga kesehatan, dan untuk menunjang produktivitas keseharian kita. Karena saat kita kurang tidur atau kurang istirahat, maka banyak hal yang akan terganggu karena kondisi kesehatan kita menurun, tekanan darah rendah, dan mudah lelah. Untuk itu kita perlu memperhatikan kualitas tidur kita yang mungkin selama ini belum kita lakukan dengan porsi yang mencukupi. Selain waktu istirahat yang cukup, kita juga perlu memperhatikan kualitas ketenangan istirahat kita.

Kasur yang nyaman, ruangan yang nyaman, sirkulasi udara yang lancar dan intensitas cahaya menjadi penting untuk diperhatikan dalam menentukan kualitas tidur kita. Karena jika tidur kita terganggu karena gangguan nyamuk, atau karena udara pengap, atau karena cahaya yang terlalu silau, itu akan mempengaruhi kualitas tidur kita.

Hasil penelitian memberikan data bahwa orang yang tidur pada ruangan dengan lampu menyala beresiko besar mengidap penyakit kanker karena gangguan sistem metabolisme. Selain itu tidur dengan lampu tetap menyala akan menyebabkan perubahan struktur otak dan membuat orang lebih beresiko mengalami depresi.

Pakar kesehatan menganjurkan untuk mematikan lampu kamar saat tertidur karena itu lebih baik untuk kesehatan dan meningkatkan kualitas tidur kita. Namun ada beberapa orang yang justru tidak bisa tidur atau phobia dengan ruangan gelap. Bagi kita yang takut tidur dengan lampu padam, maka kita perlu mengurangi intensitas cahaya yang menyinari saat kita tidur.

Menggunakan lampu tidur adalah solusi yang tepat untuk kita yang mengalami masalah tersebut. Dengan menggunakan lampu tidur maka ruangan tidur kita tidak akan gelap gulita, dan bahkan jauh lebih menenangkan. Menggunakan lampu tidur juga dianjurkan untuk memperbaiki kualitas istirahat kita.

Pada perkembangannya penggunaan lampu tidur untuk kesehatan dan istirahat yang berkualitas sampai juga ke tangan – tangan kreatif yang menggabungkan fungsi lampu tidur dengan terapi aroma. Lampu tidur yang telah dikawinkan dengan minyak atau parfum aroma terapi menjadi komoditas dagang yang cukup laris.

Peminatnya tentu saja dari semua kalangan yang membutuhkan peningkatan kualitas istirahat. Penggunaan lampu tidur dengan aroma terapi tidak hanya ada di rumah rumah saja, tetapi juga pada kamar-kamar hotel yang memberikan kenyamanan untuk konsumen.

Untuk dapat menikmati sensasi aroma terapi dan cahaya yang soft saat tidur, kita bisa membuat sendiri lampu tidur aroma terapi itu dengan peralatan dan bahan sederhana. atau kita dapat membelinya di toko khusus yang menjual lampu lampu hias dan lampu tidur.

Untuk membuat sendiri di rumah dapat kita sesuaikan dengan alat dan bahan yang tersedia di sekitar rumah kita saja. Misal dengan menggunakan kayu bekas, kaca bekas dan lain sebagainya. Kita dapat membuat bentuk dan model sesuai selera yang kita inginkan. Kita hanya perlu mengadopsi sistem kerja lampu tidur aroma terapi ini, yaitu dengan memanfaatkan panas lampu pijar untuk memanaskan air yang telah dicampurkan dengan minyak atau parfum aroma terapi.

Lampu yang kita gunakan untuk lampu tidur adalah lampu pijar 220 volt dengan daya 2,5-5 watt saja. Lampu itu tinggal kita pasang pada model yang telah kita buat sedemikian rupa dengan tungku sederhana. Dalam tungku itu lalu kita isikan air dan campur minyak atau parfum aroma terapi yang nyaman untuk ruangan kita. Aroma parfum yang menyebar ke ruangan tidur akan membuat nuansa rileks dan tenang untuk membantu anda beristirahat dengan tenang.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *