Lakukan Langkah Ini Agar Aman dari Serangan KRACKs

Teknonisme.com – Saat menggunakan wifi gratis di sebuah tempat, anda perlu waspada karena terdapat ancaman KRACKs pada perangkat yang terhubung ke internet melalui WiFi.

Telah ada penemuan mengenai teknik baru yang dapat digunakan untuk mendeskripsi data di jenis perangkat yang terhubung  ke internet melalui wifi.

Hal ini memungkinkan data-data pribadi anda dapat dicuri jika tidak melakukan mode pengamanan terlebih dahulu sebelum mengakses wifi.

Berdasarkan informasi dari Kominfo, perangkat yang terhubung ke internet melalui WiFi, terjadi proses pada sistem untuk memastikan kebenaran kata sandi yang diinput. Proses ini juga mengaktifkan koneksi yang terenkripsi antar router dan perangkat.

Disebut KRACKs (Key Reinstallation Attacks), teknik ini mampu mendekripsi data yang dikirim dari router ke perangkat yang sedang digunakan dan sebaliknya. Dalam kata lain, data tetap dapat dicuri meski perangkat sedang tidak terhubung ke WiFi.

Namun ada beberapa cara yang disarankan Kominfo untuk mencegah hal tersebut. Terdapat beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar data-data anda aman dari serangan KRACKs.

  1. Memperbaharui patch keamanan pada gawai dan komputer sesegera mungkin apabila sudah ada. Pantau pembaharuan patch keamanan secara intensif, terutama jika vendor perangkat belum menyediakan patch tersebut.
  2. Pastikan gawai dan komputer terhubung ke internet dengan mode enkripsi seperti SSL/TLS. Apabila diperlukan, gunakan aplikasi pertukaran pesan yang mendukung end-to-end encryption.
  3. Untuk sementara waktu, jangan gunakan WiFi, terutama yang tersedia di ruang publik. Utamakan akses internet melalui jaringan kabel atau data seluler.
  4. Apabila terpaksa berinternet dengan koneksi WiFi, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang memungkinkan terjadinya pertukaran data sensitif, seperti pengiriman data rahasia, pengiriman uang, pembayaran dengan kartu kredit dan lain sebagainya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *