Lakukan Ini Agar Anda Tidak Terlacak di Internet

Teknonisme.com – Sebenarnya, selama ini Anda selalu terlacak di internet, baik penyimpanan data maupun entitas Anda. Google dan situs media sosial Anda melakukan pelacakan tersebut setiap saat. Meskipun, hal itu dilakukan untuk kebutuhan komersil, seperti menunjukkan iklan yang mungkin Anda minati.

Tidak hanya Google dan media sosial, penjahat dunia maya juga bisa melacak dan menyebabkan kerugian atau pelanggaran privasi yang serius.

Khusus untuk Google, Anda akan selalu terlacak Google di internet. Google mengetahui setiap pergerakan Anda di web, dan juga mengetahui banyak hal tentang Anda. Mengapa? Apa keuntungan Google untuk melacak aktivitas penggunanya?

Jawabannya sederhana, Google mendapatkan keuntungan setiap melakukannya. Sebagian besar pendapatan Google didapatkan melalui pertunjukkan iklan yang ditayangkan kepada setiap penggunanya saat berselancar di dunia maya. Google akan menayangkan iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda sesuai aktivitas penjelajahan internet Anda.

Meskipun sulit untuk melindungi 100 persen informasi Anda di internet, namun terdapat beberapa langkah mudah untuk mengamankan privasi Anda di dunia maya. Menurut Lab Kampersky, inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola privasi dan membuat Anda tidak terlacak di internet, sebagaimana dilansir Gadget Now, Selasa (31/10).

Cara-cara Agar Tak Terlacak di Internet

  1. Pantau lalu lintas penjelajahan

Klik tombol ‘Start Windows’ kemudian ketik ‘cmd’ untuk membuka jendela Command. Tampilan jendela Command berwarna hitam dengan teks warna putih bertuliskan ‘C: Users\Your Username’.

Setelah itu, ketik ‘netstat’ di sebelah prompt dan tekan Enter untuk menghasilkan semua transmisi data keluar. Perintah Netstat akan bekerja lebih cepat ketika Anda memiliki sedikit aplikasi yang berjalan, dan gunakanlah satu browser saja. Netstat akan menghasilkan alamat Internet Protocol (IP) yang dikirimkan oleh komputer Anda. Alamat IP tersebut sesuai dari situs web yang biasa Anda gunakan.

Kemudian, masukkan setiap alamat IP ke addres bar Web Browser Anda, dan tekan Enter untuk menemukan di mana lokasi sedang dikirim.

2. Temukan aplikasi tersembunyi

Klik kanan taskbar Anda dan pilih ‘Start Task Manager’, yang akan memperlihatkan semua proses berjalan di komputer Anda. Tutup semua program, kecuali web browser yang Anda gunakan. Pilih tab ‘Processes’ lalu pilih ‘User Name’ dan cari daftar untuk melihat semua proses yang berjalan di komputer Anda.

Proses yang berjalan tanpa menyertakan nama pengguna Anda, bisa menjadi indikasi perangkat lunak yang berbahay untuk komputer Anda.

3. Jangan mempersonalisasi setelan iklan Google

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Google melacak pengguna internet melalui iklan. Maka sebaiknya, opsi ‘personalisasi iklan’ di akun Google tidak tercentang. Dengan melakukan itu, maka resiko penyalahgunaan informasi privasi Anda lebih rendah.

4. Gunakan Hot Spot Shield

Hot Spot Shield akan menyembunyikan alamat IP. Alamat IP biasa digunakan untuk mengenali informasi dan data lain yang diketahui situs web tentang Anda. Misalnya, situs web bisa mengenali kota dan negara Anda sesuai registrasi Anda di situs ini.

5. Keluarkan akun media sosial

Jangan biarkan akun Anda terus menerus aktif di komputer Anda. Sebab, Anda akan mudah dilacak oleh perusahaan media sosial untuk mengawasi pergerakan Anda di dunia maya. Singkatnya, jika Anda membiarkan itu semua terbuka terus menerus, pergerakan Anda di ruang cyber akan mudah dilacak seseorang, dan disalahgunakan pihak ketiga.

Untuk itulah penting bagi Anda mengeluarkan akun media sosial Anda setelah usai digunakan. Jika itu dilakukan, perusahaan media sosial tidak akan bisa melacak pergerakan Anda di internet.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *