Lakukan 5 Hal ini Untuk Genjot Kinerja Wi-Fi Router




wi-fi router

Saat ini internet telah menjadi bagian hidup manusia. Maka tak terbayangkan bila internet tak bisa digunakan. Dengan internet kita dapat mencari informasi, hingga pengembangan teknologi, semuanya pasti menggunakan internet.

Sejak adanya internet, beberapa teknologi mulai dikenalkan untuk membuat kehidupan lebih mudah lagi. Terutama, Wi-Fi juga termasuk diurutan pertama. Dengan menggunakan Wi-Fi router akan menambah kecepatan dari koneksi internet kita.

wi-fi router

letakkan Wi-Fi router ditempat kita sering menggunakan internet (image : jalantikus.com)

Dikutip dari tekno.liputan6.com, ada 5 hal yang perlu kita lakukan untuk mengoptimalkan kinarja dari Wi-Fi router. Berikut adalah tipsnya.

1.Pilih lokasi di tengah-tengah

Wi-Fi router biasanya terpasang disalah satu sudut rumah. Padahal, posisi tersebut tidak sepenuhnya benar. Agar kita mendapatkan koneksi terbaik dari Wi-Fi router, maka kita perlu meletakkannya ditempat yang tepat, yaitu ditengah-tengah rumah.

Hal ini bertujuan agar sinyal tersebar kesetiap sudut ruangan. Akan tetapi bila kita terbiasa menggukan internet disalah satu ruangan saja, maka kita dapat meletakkannya didekat ruangan tersebut.

2.Jauhi logam

Logam yang ada didekat Wi-Fi router akan menyebabkan gangguan koneksi. Hal ini menyebabkan gadget kita tak mampu untuk menangkap sinyal dari Wi-Fi router dengan benar.

Hal ini mengakibatkan koneksi internet pada gadget melambat secara signifikan. Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu kelancaran kita dalam internetan. Satu-satunya cara adalah menjauhkan Wi-Fi router kita dari logam.

3.Tempatkan di ruangan dimana internet sering digunakan

Adanya beton ataupun dinding rumah kita akan mempengaruhi konerja dari Wi-Fi router kita. Karena dinding dikenal dengan material yang dapat menyerap radiasi secara signifikan.

Maka sinyal dari Wi-Fi router tak akan sampai pada temapat terjauh dari rumah karena terhalang oleh dinding beton. Oleh sebab itu, kita perlu melatakan Wi-Fi router pada ruangan yang sama dimana kita sering menggunakan internet.

4.Letakkan pada posisi tinggi

Kita pasti tahu bahwa sinyal Wi-Fi tersebar dari router. Akan tetapi kita juga harus atahu bahwa sinyal ini juga punya gerakan kebawah. Maka penting bagi kita memilih tempat untuk meletakkan Wi-Fi router agar sinyal menyebar luas dengan baik.

Hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah menempatkannya ditemapat tinggi. Dengan hal itu maka sinyal dari Wi-Fi router akan tersebar keseluruh bagian rumah.

5.Gunakan anena sesuai dengan kebutuhan

Wi-Fi router yang kita gunakan sebaiknya dilengkapai dengan antena. Bila kita menginginkan sinyal bergerak keatas, maka anatena harus diarahkan secara vertikal. Akan tetapi bila kita ingin sinyal bergerak kesamping, maka geser antena secara horisontal.

Satu hal yang harus kita ingat, kita tidak boleh menempatkan Wi-Fi router dimana terdapat banyak orang hal ini akan menyebabkan berefek negatif pada koneksi kita.

Nah demikian adalah 5 tips agar dpaat menggenjot kinerja Wi-Fi router agar mendapat kecepatan maksimal.

Comments

comments