Kini Robot Lebah Bisa Berenang di Air

Robot lebah Harvard berkembang selama bertahun-tahun. Proyek RoboBee pertama kali diluncurkan pada tahun 2013,dimana saat itu robot lebah hanya bisa lepas landas dan terbang.

Sejak itu, mereka telah dimodifikasi untuk tetap berpegang pada permukaan dan berenang di bawah air, dan sekarang pencipta mereka mengatakan bahwa mereka dapat menyelam masuk dan keluar dari air.

Keluar dari air biasanya cukup mudah bagi manusia, tapi ini adalah tantangan untuk sesuatu yang sekecil serangga. RoboBee beratnya hanya 175 miligram (yang 14 kali lebih ringan dari satu sen), dan pada ukuran ini, tegangan permukaan seperti gravitasi ekstra kuat: beratnya 10 kali lipat dari robot, dan tiga kali daya angkatnya.

“Kekuatan dari ketegangan permukaan terasa seperti dinding yang tak tertembus,” kata profesor teknik Robert Wood seperti yang dilansir dari The Verge.

Periset dari Harvard menggunakan RoboBee dengan roket kecil yang mudah terbakar, memberikan keuletan yang dibutuhkan untuk memecahkan ketegangan permukaan air.

Yang paling pandai tentang sistem ini adalah sebenarnya menggunakan air sebagai bahan bakar. Sepasang piring elektrolit kecil mengubah cairan menjadi oksitosin, kemudian menjadi gas peledak hebat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *