Kini Ada Tombol Penerjemah Bahasa di Instagram




instagram1

Sering kali kita merasa bingung melihat postingan followers yang menggunakan bahasa asing maupun pada saat kita mau berjualan menggunakan Instagram yang ingin menyasar konsumen dari luar negeri.

Maka hal kebingunan itu nantinya tak perlu lagi terjadi karena Instagram mulai akan menyematkan penerjemah khusus di layanannya.

Dikutip dari tribunnews.com, pengguna Instagram tak lagi repot-repot melakukan copy-paste ke program translator agar dapat melihat terjemahan dari suatu postingan sehingga dapat melakukannya dengan cepat.

penerjemah

Instagram akan hadir dengan tombol penerjameh (image : tekno.kompas.com
)

“Anda akan melihat tombol penerjemah di feed story serta biografi profil yang akan ditulis dengan bahasa asing,” tulis Instagram dalam sebuah posting berisi pengumunan tersebut.

“Komunitas Instagram telah tumbuh dengan cepat serta mengglobal lebih cepat dari yang kami bayangkan. Kami senang bahwa anda akan segera dapat mengerti semua cerita, tanpa lagi memperdulikan apa bahasa anda,” tambah perusahaan layanan photo sharing itu.

Pengumuman fitur terbaru ini menyusul tak lama setelah media sosial Instagram mencatatkan jumlah pengguna sebanyak 500 juta. Dari angka tersebut 300 juta diantaranya adalah pengguna aktif harian dari Instagram. Dan juga sebanyak 80 persen pengguna dari Instagram berada di luar AS.

Tombol penerjemah bahasa ini akan dirilis secara bergelombang pada pengguna Android serta iOS untuk berbagai negara. Tapi belum jelas kapan nantinya kita dapat menggunakan tombol penerjemah bahasa ini.

Disana hanya disebutkan fitur penerjemah tersebut akan hadir dalam “beberapa bulan kedepan”. Belum jelas juga apakah natinya tombol penerjemah bahasa ini akan langsung tersedia pada pengguna di seluruh dunia secara bersamaan, ataupun akan bergulir secara bertahap.

Beberapa postingan yang berbahasa Indonesia telah terlihat ditambahi dengan tombol berbunyi “See Translation” pada bagian bawah. Bila kita klik, maka tombol ini akan menampilkan hasil terjemahan teks dalam posting (termasuk juga komentar) ke bahasa Inggris.

Bila kita telah selesai menerjemahkan, maka tombol “See Translation” akan berubah menjadi “See Original” agar kembali melihat postingan dalam bahasa aslinya tadi.

Selain dalam linimasi, tombol yang hampir mirip juga telah dapat kita temukan di laman profil sehingga dapat kita pakai untuk menerjemahkan biografi singkat para pengguna Indonesia.

Tombol penerjemah ini hanya akan muncul pada postingan serta laman profil yang tertulis dalam bahasa Indonesia saja, namun tak ditemukan pada posting maupun laman profil berbahasa Inggris.

Hasil penerjemahan pun masih terlihat begitu kacau bahkan terkadang mengundang senyum bagi kita. Belum diketahui apakah ini hanya akan tersedia opsi penerjemah ke bahasa selain Inggris (semisal dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia) atau tidak.

Semoga saja nantinya tombol penerjemah ini dapat digunakan pada postingan berbahasa Inggris maupun bahasa lain untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya.

Comments

comments