Kiat Merawat Laptop Kesayangan




merawat leptop

Saat ini hampir sebagian orang telah menggunakan leptop untuk melakukan berbagai keperluan sehari-hari, entah itu digunakan sebagai bagian dari gaya hidup, untuk bisnis, mengerjakan tugas maupun untuk bekerja.

Leptop kini telah banyak varian yang dijual dipasaran mulai dari low end hingga hig end. Leptop merupakan suatu perangkat yang boleh dibilang sensitif, sehingga membutuhkan perhatian ataupun perawatan.

Kita harus tahu bahwa komponen yang ada di leptop lebih mahal dibandingkan dengan komponen komputer dekstop atau PC.

cara

Bersihkanlah leptop kita dari debu, kita dapat menggunakan kuas untuk menghilangkan debu yang ada di keyboard (image : pro.co.id)

Dikutip dari tribunnews.com, ada beberapa tips agar menjaga leptop kita tetap bagus dan juga masih dalam to performance seperti baru. Berikut ini tipsnya:

1.Gunakan Leptop di tempat yang tepat

Penggunaan leptop pada sembarangan tempat akan mempengaruhi dari performance serta usia leptop itu.  Jangan pernah gunakan leptop di atas kasur, karena permukaan kasur yang lembut dan empuk akan menutup saluran ventilasi sistem pendingin leptop kita.

Dan juga kasur mengandung partikel debu yang sangat halus yang sangat mudah untuk masuk kedalam leptop. Maka gunakanlah leptop kita pada permukaan yang datar seperti halnya meja.

Perhatikan juga suhu ruangan saat kita menggunakan leptop, bila kita terpaksa menggunakan leptop pada ruangan yang panas maka kita dapat menggunakan cooling pad.

2.Hindari getaran elektromagnetik

Jauhaknlah leptop kita dari benda-benda elektromagnetik, seperti halnya handphone, alat pengeras usara, loudspeaker, serta sumber getaran yang lain. Maka bila kita menggunakan handphone usahakan menjauh dari leptop kita.

Medan magnet yang ada didalam HP akan berbahaya untuk sound leptop yang berakibat tak berfungsinya ataupun suaranya akan pecah-pecah.

3.Perhatikan kondisi baterai

Bila kita menggunakan leptop secara terus menerus hingga kehabisan baterai (mendekati 0 persen), maka hal ini berakibat pada usia baterai yang semakin pendek. Bila telah ada peringatan dari leptop untuk mengisi daya hendaknya segera kita isi sebelum habis.

Isilah baterai hingga full 100 persen. Sangat dianjurkan untuk kita pengguna leptop agar menyeting leptop mati pada saat baterai mendekati 0 persen, setting ini dapat kita lakukan pada bagian Power Option.

4.Hati-hati membawa leptop saat berpergian

Sebaiknya saat berpergian membawa leptop kita menggunakan tas khusus yang didesign untuk membawa leptop. Jangan gunakan tas yang tak punya bantalan khusus buat leptop. Mungkin harganya sedikit mahal akan tetapi sebanding dengan fungsinya untuk melindungi leptop kita.

5.Hati-hati download software dan gunakan anti virus yang terpercaya

Usahakan software yang kita gunakan sudah ada dalam paket pembelian leptop kita, hal ini untuk menghindari virus yang merusak.

Download software pada internet, bila kita tak berhati-hati tanpa ada dukungan anti-virus yang memadai serta ter-update dengan baik maka lebih baik jangan dilakukan.

6.Jaga kebersihan leptop

Yang terakhir yakni selalu menjaga kebersihan dari leptop kita, kita dapat membersihkannya dengan menggunakan kuas maupun kain lap halus agar membersihkan debu serta kotoran yang terdapat dalam layar dan juga keyboard.

Comments

comments