Keuntungan Live Chat bagi Pebisnis dan Pelanggan

Di dunia yang serba cepat ini, para pelanggan mengharapkan cara komunikasi yang cepat dan efektif dalam bisnis. Karena alasan ini, banyak bisnis yang menggunakan live chat sebagai cara alternatif untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dengan tujuan meningkatkan tingkat kepuasan dan loyalitas. Banyak orang yang lebih suka berbisnis langsung dengan orang sehingga menambahkan fasilitas live chat pada suatu situs perusahaan sama dengan menambahkan toko dengan staf yang ramah dan mampu memberikan bantuan terkait jual beli saat dibutuhkan.

Bebrapa tahun belakangan ini, penggunaan live chat tumbuh pesat. Berdasarkan penelitian Zendesk, sekitar 30% pebisnis menggunakan fasilitas live chat pada tahun 2009. Terjadi peningkatan di tahun 2013, di mana fasilitas live chat digunakan sekitar 53% pebisnis dan perusahaan.

Keuntungan Live Chat dari Persepsi Pelanggan

  1. Kenyamanan – Live chat menyediakan respon secara real-time sehingga para pelanggan akan mendapat informasi pada waktu yang tepat. Keuntungan tambahannya adalah live chat tidak benar-benar mengharuskan pelanggan memberikan perhatian penuh. Misalnya, pelanggan dapat melakukan live chat sambil membaca email atau berbicara dengan rekan kerja.
  2. Kecepatan – “Waktu adalah uang” berlaku untuk customer service. Orang -orang tentunya membenci jika harus menunggu lama untuk dihubungkan dengan customer service melalui telepon. Dan proses customer service melalui email kadang dapat membuat frustasi. Berdasarkan hasil penelitian Zendesk, service melalui live chat dapat dimulai 7 kali lebih cepat daripada melalui email
  3. User-Friendly – Hampir semua orang sudah terbiasa dengan menulis pesan singkat dan chatting, sehingga membuat live chat mudah digunakan. Semakin banyaknya orang yang beralih ke mobile, live chat menjadi semakin populer dan mudah digunakan.

Keuntungan Live Chat dari Persepsi Pebisnis

  1. Proaktif – Channel bantuan dan service melalui telepon atau email pada dasarnya bersifat pasif jadi hanya akan bekerja jika pelanggan yang mengawali. Melalui live chat, bisnis dan memonitor pengunjung dan dapat memngaktifkan live chat secara otomatis jika ada pelanggan baru atau VIP yang masuk. Penelitian mengungkapkan bahwa pelanggan memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar untuk membeli produk setelah ia diberitahu melalui live chat.
  2. Efisien– Live chat dapat membantu meningkatkan produktifitas karyawan karena membuat proses multitasking menjadi lebih mudah. Staf chat dapat menghandle beberapa pelanggan dalam waktu bersamaan untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi. Staf chat juga dapat menggunakan live chat untuk meminta bantuan dari sta lain. DIbandingkan dengan cara lain, live chat lebih murah dan bahkan biayanya hanya separuh call center.
  3. Berwawasan – Live chat dapat memberikan informasi berharga supaya bisnis lebih memahami pelanggan dan prospek baru mereka. Informasi in i dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran baru atau menyesuaikan konten dengan kebutuhan pelanggan. Banyak pebisnis yang menggunakan live chat sebagai jalan mengumpulkan feedback dri pelanggan.

Jadi, jika anda mencari jalan baru yang efektif untuk meningkatkan produktifitas namun dalam waktu bersamaan menjaga pengeluaran tetap rendah, live chat adalah solusinuya. Dengan live chat, pelanggan anda akan dapat menemukan apa yang mereka inginkan dengan mudah. Anda dapat membantu mereka menyelesaikan permasalahan serta menjaga mereka tetap setia dengan situs anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *