Ketika MatahariMall Membuat Terik Persaingan E-Commerce




MatahariMall, e-commerce, bisnis

Merambahnya berbagai tempat belanja online membuat MatahariMall mengeluarkan inovasi barunya. Pada 9 September 2015 lalu, MatahariMall resmi mengeluarkan situs e-commerce nya. Dengan mengantongi investasi sebesar 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 7 triliun, mereka menargetkan situs ini akan tumbuh besar menjadi e-commerce penggerak ekonomi Indonesia.

Situs e-commerce Mataharimall.com ini sebenarnya sudah beroperasi sejak tiga bulan lalu, namun baru resmi diluncurkan pada Rabu malam. Selama masa tiga bulan tersebut, Hadi, selaku CEO MatahariMall mengaku mesti menyiapkan berbagai hal mulai dari teknologi hingga jaringan kerjasama mereka. Hingga saat ini, Mataharimall.com sudah memiliki lebih dari 200.000 pelanggan terdaftar, terdiri dari 180.000 jenis barang dengan 1.200 orang seller atau penjual. Barang dagangan ini beragam jenisnya, mulai dari fashion, teknologi digital, hingga kebutuhan sehari-hari. Untuk menampung banyaknya barang yang dijual, pihak MatahariMall telah menyiapkan sebuah gudang seluas 10.000 meter persegi di bilangan Cililitan, Jakarta Timur. Selain itu ada juga barang yang memang langsung dikirimkan oleh seller dan tidak disimpan di gudang.

Dalam peluncuran e-commerce ini, pihak MatahariMall mengatakan terdapat perbedaan antara MatahariMall.com dengan marketplace lain, yaitu konsep online to offline. Penerapannya memanfaatkan jaringan retail Matahari Department Store. Hadi menerangkan bahwa pelanggan Mataharimall bisa belanja online lalu menjemput barang pesanan mereka langsung di toko. Selain itu, ada pula layanan elocker. E-locker yang dimaksud adalah sebuah loker yang diletakkan di titik tertentu sebagai tempat pengambilan pesanan pelanggan. Hal ini dimaksudkan agar bisa mengakses loker tersebut pelanggan diberi sebuah kode khusus.

Head of Offline Marketing MatahariMall.com, Regan Dwinanda, menerangkan bahwa MatahariMall.com memberikan kesempatan berbelanja dengan potongan harga hingga 99 persen. Hal ini dimaksudkannya untuk memperkenalkan layanan e-commerce itu sendiri. Program ini merupakan kampanye tunggal terbesar dalam sejarah ritel dalam jaringan di Indonesia. Munculnya MatahariMall.com ini menambah jumlah persaingan situs e-commerce di Indonesia.

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments