• Home »
  • Business »
  • “Jual” Lisensi BBM Pada Emtek, BlackBerry Ingin Kurangi Biaya Operasional

“Jual” Lisensi BBM Pada Emtek, BlackBerry Ingin Kurangi Biaya Operasional




emtek, blackberry, kerjasama emtek blackberry

Pada 27 Juni 2016 kemarin, produsen smartphone Blackberry memberikan pengumuman adanya jalinan kerjasama strategis dengan PT Elang Mahkota Teknologi atau yang biasa dikenal dengan Emtek. Seperti yang diketahui bahwa Emtek tak lain merupakan perusahaan media dan teknologi asal tanah air yang merupakan pemilik dari stasiun TV Indosiar dan SCTV, perusahaan TV berbayar Nexmedia, serta portal berita Liputan6.com.

Terjalinnya kerja sama tersebut menjadikan Emtek kini resmi memiliki lisensi dan hak kekayaan intelektual untuk aplikasi BlackBerry Messenger (BBM).

Strategi ini disinggung sebagai langkah BlackBerry untuk mengurangi biaya operasional mereka dalam mengembangkan BBM.

Dikutip dari situs id.techinasia.com, John Chen selaku CEO Blackberry mengutarakan, “Latar belakang dan prestasi Emtek di dunia hiburan, konten, dan teknologi, membuat mereka merupakan partner yang sempurna untuk meningkatkan potensi BBM”.

Saat ini, BBM telah mempunyai sekitar 60 juta pengguna aktif bulanan (MAU) di Indonesia. Manfaat yang didapatkan para pengguna dari kerjasama ini yaitu mereka akan mempunyai akses ke konten-konten yang dimiliki Emtek, seperti siaran televisi dan konten video. Salah satu anak perusahaan Emtek, KMK Online, juga akan membuka kantor di Toronto agar kerja sama ini bisa berjalan dengan mulus.

“Kami melihat hal ini sebagai kesempatan yang besar untuk menumbuhkan jumlah pengguna BBM di seluruh dunia,” ungkap Alvin Sariatmadja, CEO Emtek.

Nantinya, Emtek akan fokus mengembangkan BBM untuk pengguna umum, sedangkan aplikasi BBM untuk pengguna korporat (enterprise) akan tetap dikembangkan oleh BlackBerry.

Tak hanya memiliki beberapa perusahaan media, Emtek juga mempunyai investasi di startup teknologi besar seperti PropertyGuru dan Bukalapak. Bukanlah hal mustahil jika Emtek pun akan memanfaatkan BBM untuk mengembangkan portofolionya tersebut. Hal ini tentu menarik perhatian banyak pihak mengenai bagaimana bentuk aplikasi BBM nantinya setelah kerja sama ini.

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments