Jim Geovedi, Hacker Jenius yang Punya Segudang Rahasia




Ahli membuat masalah, memberikan sugesti mengenai konspirasi tingkat tinggi, mengumpat dan pura-pura menjadi jenius. Itulah sekilas “perkenalan” Jim Geovedi dalam websitenya. Ia mengaku suka melihat orang-orang dari jauh dan kadang suka mengejek kecerdasan mereka. Meski terkenal sebagai seorang hacker, namun Jim jarang menyebut dirinya sebagai hacker. Jonathan Kent, seorang jurnalis terkenal BBC, menyebutnya “tidak mirip penjahat dalam film James Bond, tapi ia punya rahasia yang dapat membuatnya diincar oleh mereka”.

Jim bukanlah seorang lulusan kuliah. Ia sempat mengikuti jenjang perkuliahan, namun tidak sampai selesai karena tidak cukup biaya untuk membayar kuliah. Hal ini, terjadi setelah orang tuanya meninggal dunia. Setelah putus kuliah, Jim hanya “nongkrong” di rumahnya selama 2 – 3 bulan hingga ia merasa frustasi. Hingga suatu ketika, seorang temannya datang dan menawari pekerjaan mengetik dokumen dengan menggunakan komputer.Selama bekerja mengetik dokumen, ia berada di dekat kantor konsultan pernecana. Suatu keuntungan bagi Jim, karena kantor tersebut kekurangan tenaga kerja. Ia diminta  membantu di kantor konsultan tersebut. Di tempat itu, Jim memulai langkah awal belajar mengutak atik komputer dan internet.

Dari awalnya iseng, Jim mulai serius belajar ilmu komputer dan tertarik dengan bidang keamanan informasi komputer. Jim awalnya belajar dengan cara bergabung ke komunitas chatting yang tepat. Jim yang awalnya mengira fasilitas chatting hanya untuk mencari pasangan, mulai terinspirasi untuk menyelami bidang hacking. Motivasinya akhirnya membawanya melangkahkan kaki di dunia sekuritas teknologi informasi pada tahun 1997.Semenjak saat itu, Jim mulai terdorong mengadakan penelitian sendirian selama 2 tahun. Usahanya selama 2 tahun tersebut membuatnya terkenal dalam komunitas sekuritas internet undeground. Kemudian, ia mulai aktif dalam pengembangan OS (Operating System/ Sistem Operasi) komputer, seperti openBSD dan FreeBSD. Ia juga menyempatkan waktu mengembangkan aplikasi untuk keamanan informasi komputer.

Dalam kurun waktu beberapa tahun, Jim akhirnya mengibarkan namanya di dunia internasional. Mulai dari konsultan sekuritas komputer hingga menjadi konsultan untuk keamanan komputer tingkat nasional seperti saat ia menjadi penguji sistem kontrol satelit untuk Indonesia dan Cina. Saat itu, ia mempelajari seluk beluk sistem keamanan komputer pengendali satelit. Dengna menggunakan pengalaman dan instingnya, ia melihat celah untuk mengubah posisi dan rotasi satelit. Ia dapat menggeser posisi satelit Cina dan mampu megubah rotasi satelit Indonesia. Alhasil, hal tersebut membuat para pengawas satelit menjadi panik.

Selama 15 tahun terakhir, Jim menjalani hidupnya sebagai founder, investor konsultan dalam dunia kemananan komputer. Ia juga menjadi DJ dan produser music bersama Elektrax Music. Begitulah singkatnya, profil pria yang mengaku ahli dalam “berpura – pura menjadi jenius”.

Comments

comments