Jam Biologis, Mengatur Waktu Tidur

Teknonisme.com – Telah hadir jam biologis tubuh. Jam yang memungkinkan meningkatkan kesadaran akan pentingnya memperoleh waktu tidur yang cukup.

Jam ini ditemukan oleh 3 ilmuan Amerika Jeffrey C.Hall, Michael Rosbash dan Michael W.Young. Penemuan baru ini terkait mekanisme genetik di balik apa yang disebut ritme sirkadian. Dimana jam ini menyesuaikan cara kerja tubuh dengan perbedaan tahap-tahap, mulai dari tidur, perilaku, kadar hormon, suhu tubuh dan metabolisme.

Dikutip dari laman VOA, jam tubuh yang berfungsi tidak baik telah dikaitkan dengan gangguan tidur, depresi, gangguan bipolar, fungsi kognitif, pembentukan ingatan dan beberapa penyakit syaraf.

Para ilmuan itu memulai penelitannya dari 1984. saat Rosbash dan Hall bersama dengan Young, menemukan “gen yang mengatur waktu” dalam tubuh sebuah lalat.

Rosbash dan Hall menemukan protein yang diubah oleh gen tersebut terkumpul pada malam hari dan menurun pada siang hari. Sepuluh tahun kemudian, Young menemukan gen-gen yang mengatur tubuh lainnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *