Instagram Blokir Tautan ke Profil Telegram dan Snapchat




logo instagram

Berita mengejutkan datang dari salah satu sosial media yang saat ini digandrungi oleh kaum muda yaitu Instagram. Yang mana Instagram memutuskan untuk memblokir profil pengguna yang bertautan dengan aplikasi Telegram serta Snapchat.

Dikutip dari dari tekno.liputan6.com, yang mana informasi ini pertama kali diketahui melalui akun Twitter resmi dari Telegram beberapa waktu yang lalu.

Akibat dari pemblokiran ini membuat para pengguna dari media sosial Instagram yang mana ingin memasukkan profil diskripsi berupa tautan ke Telegram maupun Snapchat tidak akan dikenali oleh sistem.

icon telegram

salah satu aplikasi yang kena blokir dari Instagram (image : raspberrypihelp.net)

Dengan otomatis, Instagram akan memberikan peringatan bahwa tautan dari layanan tersebut tidak lagi didukung oleh Media sosial Instagram. Walaupun demikian, Instagram tidak memberlakukan hal yang sama kepada tautan dari media sosial lainnya.

Jadi pengguna Instagram masih dapat memberikan tautan dari profile Twitter, Facebook, maupun stitus pribadi yang lainnya, ke laman profil. Instagram telah mengkonfirmasi tentang pemblokiran tautan Snapchat dan juga Telegram.

Menurut juru bicara dari Instagram, pihaknya memang telah menghilankan fitur tautan “add me” pada laman profil Instagram. Akan tetapi, pihak Intagram sendiri belum memberikan alasan yang jelas mengenai pemblokiran tautan ke Telegaram dan juga Snapchat.

Beberapa pihak menilai bahwa aplikasi Instagram tersebut jelas tidak ingin memberikan tautan langsung kepada aplikasi lain yang dianggap mereka sebagai kompetitor. Bedasarkan informasi yang terkumpul, aplikasi Telegram dikenal juga sebagai aplikasi chatting ternyata mempunyai fitur edit foto langsung di dalamnya.

Berbeda dengan aplikasi Snapchat yang jelas merupakan aplikasi yang didominasi oeh pengiriman gambar ataupun video. Sebenarnya, ini bukan pertama kali aplikasi Telegram mengalami pahitnya diblokir oleh aplikasi lain.

Pada sebelumnya, tautan yang mengarah pada profil aplikasi chatting yang berasal dari Rusia ini juga telah merasakan pemblokiran oleh aplikasi WhatsApp, yang mana merupakan layanan milik aplikasi Facebook.

Akan tetapi, bila kita lihat dari kebiasan Facebook, pemblokiran tautan ini memang telah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Sebelumnya, pada tahun 2010 yang lalu, Facebook mendapat kritikan hal ini disebabkan Facebook memblokir tautan Pirate bay di sistem chatting dan juga laman News Feed.

 

Comments

comments