• Home »
  • Info IT »
  • Inilah Perbedaan Netbook, Notebook, dan Laptop yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Perbedaan Netbook, Notebook, dan Laptop yang Perlu Kamu Ketahui




perbedaan, netbook, laptop

Seiring perkembangan jaman, berbagai jenis teknologi pun bermunculan dengan nama yang beragam pula. Dari yang awalnya berupa komputer, hingga laptop. Tak berhenti sampai situ, ada pula notebook dan netbook yang bentuknya sama dengan laptop. Tak sedikit orang yang salah menyebut antara laptop, netbook, dan notebook. Lantas apakah perbedaannya? Berikut ulasannya:

Netbook

Perlu kita ketahui, nama netbook berasal dari bahasa Inggris. Netbook bentuknya memang sama seperti laptop maupun notebook. Namun yang disebut Netbook adalah yang memiliki ukuran layar antara 6-13 inci. Mengenai ukuran, netbook memiliki ukuran yang terbilang kecil. Dari ukurannya yang sedemikian, tentu tidak bisa memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi. Netbook biasanya hanya dibekali processor kelas menengah ke bawah dan tidak memiliki RAM lebih dari 2 GB. Spesifikasi yang lain yaitu netbook memiliki grafis layar yang standar. Ciri khas dari netbook yang mudah dikenali adalah tidak adanya DVD-ROM di dalam Netbook.

Notebook

Nama notebok juga diambil dari bahasa Inggris. Ukuran yang dimiliki oleh notebook yaitu 13.1-18 inci. Notebook dapat juga dikatakan sebagai kelanjutan perkembangan dari Laptop. Untuk spesifikasinya, notebook memiliki speisifikasi yang cukup memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook bisa saja memiliki HardDisk yang besar, Processor yang kuat, dan memiliki DVD-ROM. Namun ada juga beberapa Notebook yang tidak memiliki DVD-ROM karena tuntutan ketipisan barang.

Laptop

Berdasarkan nama, baik laptop, netbook, dan notebook memang sama-sama berasal dari bahasa Inggris. Banyak yang salah mengira laptop berasal dari bahasa Indonesia, padahal angapan tersebut keliru. Dalam bahasa Indonesia, laptop berarti Jinjing. Hanya saja, pemanggilan nama laptop sudah familiar di masyarakat, sehingga nama tersebut digunakan sebagai pemanggilan seluruh komputer portable yang ada.
Dari segi ukuran, laptop memiliki layar tebal dan ukuran lebih dari 18 inci dan lebih berat, mengingat penamaan laptop telah ada lebih dari 20 tahun yang lalu. Laptop memiliki DVD-ROM sebagai spesifikasi dan komponennya, tidak seperti netbook.

Memang untuk membedakan notebook dan laptop sedikit sulit. Beberapa orang menyebutkan bahwa notebook adalah reinkarnasi dari laptop, dengan model dan komponen yang tidak berbeda jauh. Hal ini berbeda dengan netbook yang mudah untuk dikenali dengan bentuknya yang lebih kecil, ukuran layar juga kecil, serta tidak memiliki DVD-ROM di dalamnya.

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments