Inilah Cara Untuk Mengecek Kecepatan Website

Bagi seorang website developer, akan menjadi impian yang terwujud saat dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung atau user yang berkunjung ke website kita. Mengapa? Tentu saja karena akan berpengaruh pada semakin seringnya pengunjung datang ke website kita. Semakin website kita ringan dan efisien dalam hal bandwith, tentu akan semakin menarik jumlah pengunjung. Selain keuntungan tersebut, website yang ringan dan efisien ternyata lebih disukai oleh mesin pencari seperti Google yang mana website dengan loading page paling efisien memiliki potensi lebih besar disukai oleh robot-robot Google. Oleh karena itu tentu kita harus sering mengecek sejauh apa kecepatan website kita. Lantas bagaimana caranya?

Cara Mengecek Kecepatan Website

Terdapat dua tempat yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kecepatan website atau blog anda, yaitu melalui layanan dari Google, yakni layanan page speed yang beralamat di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights dan layanan yang bukan berasal dari Google yang beralamat di http://gtmetrix.com/

Kedua layanan ini akan memberikan hasil yang tak jauh berbeda.  Hanya saja apabila menggunakan Google hasilnya bisa lebih mudah terbaca, sebab scoringnya (penilaiannya) jelas, karena berkisar antara 0 – 100, yang mana 0 adalah skor terburuk yang mengindikasikan website Anda termasuk website yang memerlukan perbaikan dan nilai 100 yang berarti kecepatan website Anda sangat mengagumkan.

Baik layanan yang berasal dari Google maupun tidak juga tersedia rekomendasi-rekomendasi untuk mempercepat loading page website Anda. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengecek kecepatan website dengan cara diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *