Inilah 8 Fitur Keren di YouTube yang Perlu Kamu Tahu!

Teknonisme.com – Situs berbagi dan menonton video di internet, YouTube, telah menjadi salah satu pilihan terpopuler di dunia. Dengan kemudahannya menonton dan membagikan video, YouTube bahkan sering dianggap lebih baik dari televisi.

Hal tersebut dikarenakan, setiap pengunjung YouTube bisa memilih kategori yang disukai, dan menonton berbagai video yang diunggah setiap orang di penjuru dunia. Berbeda jika kita menonton televisi, kita hanya bisa menonton tayangan yang sudah diprogram setiap stasiun televisi.

Namun, ternyata selain bisa menonton dan berbagi video, YouTube juga memiliki fitur-fitur keren yang bisa diakses oleh penggunanya.

Apa Saja Fitur Keren di YouTube yang Perlu Kita Tahu?

  1. Membuat klip GIF

Apakah Anda menyukai salah satu bagian yang terdapat pada sebuah video dan ingin menjadikannya klip GIF?

YouTube memungkinkan hal tersebut. Anda cukup menambahkan teks ‘GIF’ sebelum YouTube di tab browser, menjadi seperti ini ‘gifyoutube.com’.

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Di sinilah Anda dapat memilih sebagian hingga 15 detik dari video untuk dikonversi menjadi klip GIF.

Sebelum mengunduh GIF, Anda juga bisa menambahkan teks atau stiker pada GIF.

2. Menyesuaikan kecepatan video

Pernahkah Anda terlewatkan beberapa bagian dari video yang Anda tonton di YouTube? Terlebih lagi ketika menonton video tutorial, akan sangat menyebalkan jika kita terlewat beberapa bagian video di dalamnya.

Namun, YouTube memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin memperlambat atau mempercepat kecepatan tayangan video di YouTube. Cukup masuk ke tab ‘Settings’ dan pilih ‘Speed’. Anda memiliki pilihan untuk memperlambat atau mempercepat kecepatan video di YouTube hingga 50 persen.

3. Link ke bagian spesifik dalam video

Pernahkah Anda menemukan bagian penting atau lucu di dalam sebuah video dan ingin membagikannya kepada teman Anda? Jika Anda tidak tahu, mungkin Anda akan membagikan link video utuh dan membuat teman Anda harus menonton video dari awal hingga menemukan bagian penting yang ingin Anda bagikan.

Namun, dengan hanya menambahkan #t= ke bagian akhir URL video, Anda tak perlu membuat teman Anda kerepotan mencari bagian penting tersebut.

Perlu diingat, Anda harus menambahkan jumlah menit diikuti ‘m’ dan detik diikuti ‘s’, seperti berikut #t=08m15s.

4. Berkaraoke

Tidak harus membeli CD karaoke untuk berkaraoke. Melalui YouTube, Anda bisa mencari video yang berisi musik dan lirik lagu tanpa suara penyanyinya. Anda hanya butuh mengetik judul lagu diikuti ‘karaoke’, setelah itu Anda bisa berkaraoke ria.

5. Menonton offline

Fitur ini sangat mudah digunakan, dan memudahkan kita ketika kita ingin menonton video namun sedang dalam kondisi sibuk. Kita bisa menggunakan fitur ini untuk membuat video yang kita ingin tonton, bisa ditonton kapan saja kita inginkan.

Cukup klik tombol panah ke bawah yang ada di setiap video, dan video akan tersimpan offline. Tapi, perlu diingat bahwa ini hanya berlaku untuk ponsel bukan komputer.

6. Download video dengan mudah

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, mungkin cara satu-satunya untuk bisa mengunduh video adalah menggunakan software pengunduh, seperti Internet Download Manager dan lainnya.

Padahal, tanpa perlu memiliki software pengunduh, kita bisa mengunduh video di YouTube lebih mudah. Anda hanya perlu menambahkan ‘ss’ setelah ‘www’ di URL video. Setelah itu Anda akan diarahkan ke tab halaman baru, dan klik unduh untuk mengunduh video.

7. Menyimpan video untuk ditonton nanti

Untuk fitur ini, mungkin Anda sudah banyak mengetahuinya. Bagi Anda yang belum, fitur ini akan memudahkan Anda agar tidak terlewat menonton video yang Anda minati namun Anda belum sempat menontonnya saat itu.

Ketika Anda mengarahkan kursor ke thumbnail video tersebut, ikon tiga titik akan muncul di bawah kanan video, cukup klik dan pilih ‘Add to watch later’. Video tersebut akan muncul di menu ‘Watch Later’ di akun YouTube Anda.

8. Menyesuaikan iklan yang Anda lihat

Sama seperti Google, YouTube juga memungkinkan Anda untuk mengontrol iklan yang ingin Anda lihat. Anda tidak akan menyingkirkannya, namun Anda bisa menyesuaikannya sehingga Anda bisa melilhat konten yang Anda minati.

Caranya, Anda memilih Preferensi Iklan di Google, da hapus jenis iklan apapun yang tidak ingin Anda lihat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *