Ingin Mencoba Bisnis Online di Media Sosial? Simak Tips Berikut!

Bisnis online kini tengah berkembang pesat seiring kemudahan akses internet dan semakin banyaknya pengguna smartphone yang aktif di sosial media. Ini membentuk semacam dunia baru bagi kita pengguna sosial media dimana selain dunia nyata, kita juga punya tempat di dunia maya.

Meskipun teman dan orang-orang di dunia maya itu adalah juga teman-teman kita sendiri, kita bisa merasakan bahwa terkadang teman kita menunjukkan sikap dan kepribadian yang berbeda dengan sikap aslinya di dunia nyata.

Bagi para pelaku bisnis dan marketing, sosial media ini menjadi semacam lahan yang bagus praktis dan strategis untuk dapat meningkatkan pemasaran dan menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Caranya yang terbilang mudah dan praktis ini ternyata mampu meningkatkan penjualan produk secara signifikan bagi para pelaku usaha khususnya industri dan jasa.

Berpromosi melalui sosial media menjadi second market bagi pelaku usaha industri dan jasa yang tidak boleh ditinggalkan, karena umumnya konsumen aktif sekarang ini adalah mereka yang telah melek teknologi dan juga aktif di sosial media.

Mereka menyerap informasi apa saja yang mereka butuhkan dari apa yang mereka lihat disana. Budaya praktis ini yang kemudian menjadi potensi bisnis bagi kita yang ingin mencoba memanfaatkan sosial media untuk menghasilkan uang.

Tips Jitu Memulai Bisnis Online di Media Sosial

Sebelum memulai bisnis online di sosial media, kita harus melakukan perencanaan terlebih dahulu terkait pada bisnis apa kita akan terjun dan menggunakan permodalan kita. Kita harus memahami terlebih dahulu karakter pribadi kita untuk menemukan usaha apa yang cocok untuk kita jalankan di sosial media.

1. Memulai bisnis dari hobi

Untuk menentukan jenis usaha itu, bisa kita mulai dari hobi kita, semisal kita hobi fotografi, tentu kita memahami apa-apa saja yang menjadi kebutuhan seorang fotografer, kemudian kita juga memahami karakter kamera dari berbagai merek dengan spesifikasi masing-masing. Dari pengetahuan itu bisa menjadi modal awal bagi kita untuk memulai usaha online ini.

2. Sampaikan detail produk yang dijual secara detail dan jujur

Konsumen kita yang tentu saja adalah juga pengguna sosial media tentu akan banyak bertanya tentang kondisi barang yang kita jual, dan dari situ kita harus menyampaikan informasinya secara detail, dan jujur. Cara berkomunikasi yang sopan, ramah dan tentunya fast respon menjadi nilai perlu kita perhatikan. Karena kebanyakan konsumen akan kecewa ketika tidak menerima pelayanan yang baik. Itu tentu saja akan berpengaruh pada penjualan produk yang kita jual di sosial media.

3. Jeli dalam memilih produk yang dipasarkan

Selain pelayanan, kita juga harus jeli dalam memilih barang produk yang kita pasarkan, misalnya kita berjualan snack atau makanan ringan di sosial media. kita harus memahami lebih jauh tentang produk yang kita pasarkan, tentang manfaat, nutrisi dan kandungan gizinya, apakah itu berbahaya atau tidak apa bila dikonsumsi oleh anak-anak, dan sebagainya. Penguasaan produk menjadi hal yang penting sebelum kita memulai usaha.

4. Temukan segmen pasar yang potensial

Setelah itu kita harus menemukan segmen pasar yang potensial untuk produk yang kita jual. Meskipun sosial media mencakup ranah yang luas, tetapi tidak semua nya bisa menjadi sasaran pemasaran produk kita. Sehingga kita harus bisa memilah dari mana potensi pembeli terbesar dari produk yang kita jual. Misalnya kita menjual produk aksesoris untuk perempuan, tentu saja konsumen kita adalah kaum perempuan, khususnya remaja yang dalam usia produktif dan lebih membutuhkan eksistensi.

Kita harus lebih banyak menjaring dan menyebar informasi terkait produk aksesoris itu kepada komunitas-komunitas remaja putri tersebut. Misalnya kita melakukan penetrasi ke kelompok kesenian, kelompok menari, dan juga perkumpulan-pekumpulan remaja putri yang mungkin menjadi potensi pasar yang bagus.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *