Ingin Belajar Pemrograman Web? Simak 8 Text Editor Terbaik dan Gratis Berikut!




text editor, gratis, web

Bagi Anda yang ingin belajar pemrograman web, Anda memerlukan Text Editor sebagai tempat menulis kode program. Selain itu Text Editor  juga berfungsi dalam membuat file-file webnya seperti file HTML, CSS, JavaScript, dll.  Terdapat banyak sekali text editor yang bisa di unduh di internet,baik gratis maupun berbayar.

Bingung dalam memilih Text Editor yang sebaiknya digunakan? Berikut 8 text editor gratis dan terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.  Meskipun text editor ini gratis namun fitur-fiturnya tidak kalah dengan yang berbayar.

1. Notepad

Platform: Windows

Bagi Anda pengguna OS windows tentulah tidak asing lagi dengan text editor yang satu ini. Meskipun tampilan Notepad sangat simple tetapi ia sangat cocok untuk memulai belajar membuat sebuah web khususnya untuk memulai belajar HTML.

2. Notepad++

 

Platform: Windows

Hampir sama seperti Notepad, namun Notepad++ memiliki fitur tambahan. Fitur ini adalah adanya penomoran baris dan dapat membuka banyak file sekaligus (dalam tab). Notepad++ sangat ringan, mudah digunakan dan tentunya gratis.

3. Atom

Platform: OS X, Windows 7 & 8, Linux

Atom text editor memiliki banyak fitur. Anda dapat memilih tema untuk tampilan editor. Kelemahan Atom text editor yaitu penggunaannya cukup berat.

4. Aptana Studio

Platform : Windows/OS X/Linux

Sebuah IDE yang dikembangkan oleh Eclipse yang memiliki banyak kelebihan. Aptana Studio mendukung banyak bahasa pemrograman, Git Integration, SQL database tool, server tail views, javascript debugger dan multi-preview browser.

5. Komodo Edit

Platform: Windows/OS X/Linux

Anda mencari text editor yang mirip dengan sublime text? Komodo Edit lah salah satunya. Text editor ini memiliki banyak fitur dan juga cukup ringan digunakan. Anda juga dapat memilih tema untuk tampilan editor ini.

6. Aksi IDE

Platform : Windows/Linux

Aksi IDE merupakan sebuah IDE yang dibuat oleh seorang developer dari Indonesia bernama Luri Darmawan, Aksi IDE ini terbilang ringan untuk sebuah IDE, juga fitur umum IDE seperti auto complete, code snippet, dan code completion telah ada pada Aksi IDE. Kelebihan lain dari text editor ini terdapat fitur khusus lainnya yaitu PHP Project Wizard, FTP Explorer, Live View Browser, Database Explorer, Class Generator,File Explorer, Multi Workspace, Code Explorer, Function List, dan masih banyak lagi.

7. Brackets

Platform: Windows/OS X/Linux

Brackets adalah Text Editor gratis dari adobe yang juga memiliki kemiripan dengan Komodo Edit dan Atom, hanya saja bracket lebih dikhususkan untuk tujuan web design dan front-end development, dengan fitur live preview, quick edit color dan css, juga dengan adanya dukungan extension.

8. Sublime Text

Platform: Windows, Mac, Linux

Tak sedikit yang menggunakan Sublime Text sebagai editor teks utama. Sublime Text memiliki banyak kemiripan dengan Notepad++. Sublime Text sangat ringan, tidak memakan memori banyak, dan didukung oleh banyak sekali plugin.

Banyaknya Text Editor yang dapat Anda manfaatkan ini bisa diunduh secara gratis. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mengenai text editor mana yang menurut Anda lebih nyaman untuk digunakan.

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments