Ikuti Cara Ini Agar File Digital Anda Aman!

Teknonisme.com – Dengan banyak dan sibuknya volume lalu lintas di internet yang kini sangat pesat, menjadikan apapun yang Anda simpan dan kirim via online menjadi rentan untuk diretas.

Untuk mengamankan file data digital Anda, Anda harus menggunakan metode enkripsi, yang tidak akan bisa diretas oleh jaringan atau jenis komputer manapun.

Untuk mengetahui cara mengamankan file digital Anda, ikuti tips berikut, yang dikutip dari Gadgets Now, Sabtu (25/11).

Tips dan Trik Mengamankan File Data Digital

  1. Enkripsi file data saat membagikannya

Mungkin sebagian besar dari kita tidak memikirkan hal ini, namun ada baiknya bagi Anda untuk mengenkripsi file Anda terlebih dahulu sebelum membagikannya.

Enkripsi file data sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengakses ke situs transfer file yang menawarkan fitur enkripsi atau Anda bisa memilih layanan email yang memiliki opsi enkripsi file.

Beberapa situs yang bisa Anda akses untuk mengenkripsi file Anda, antara lain www.senditonthenet.com, sendinc.com, tutanota.com, protonmail.com, encrypto, dan lainnya.

BACA JUGA: 10 Tips Merawat Gadget agar Lebih Awet

2. Akses situs cloud untuk mengenkripsi

Untuk ini, Anda bisa memilih layanan bernama Boxcryptor yang mendukung sebagian besar penyedia penyimpanan cloud. Boxcryptor bisa digunakan di semua platform, perangkat, dan gadget populer.

3. Menjaga email lebih aman

Anda bisa melakukan pengamanan email Anda agar lebih aman. Layanan yang menyediakan pengamanan ini bernama SendSafety.

SendSafety menawarkan layanan enkripsi end-to-end yang bisa membuat Anda mengirim email lebih aman. Anda juga bisa menggunakan layanan ini untuk Gmail dan Outlook sebagai ekstensi.

Versi gratis dari layanan SendSafety akan memberikan pengamanan kepada Anda sebesar 50MB per bulan.

BACA JUGA: Ingin Mencoba Bisnis Online di Media Sosial? Simak Tips Berikut!

4. Jaga kerahasiaan informasi Anda dengan fitur ini

Adakalanya kita membagikan pin ATM atau kartu kredit kita kepada teman. Kita membagikan informasi tersebut karena berbagai hal yang berkenaan dengan proses pekerjaan, atau penggantian password.

Anda bisa menghindari pencurian informasi setelah dibagikan, dengan menggunakan aplikasi PrivNote. PrivNote memungkinkan Anda untuk segera menghapus catatan yang telah terbaca. Sehingga Anda bisa membuatnya lebih aman dengan kata kunci khusus.

Layanan ini juga akan memungkinkan untuk mengirimkan email kepada Anda bahwa catatan Anda diretas.

BACA JUGA: Tips Memilih Antivirus/Spyware Terbaik Untuk Anda

5. Enkripsikan Gmail

Jika Anda menggunakan Gmail sebagai layanan mengirim surat elektronik, Anda harus mengetahui cara mengamankannya. Anda bisa menggunakan fitur layanan CryptUp, yang juga hadir dalam Chrome sebagai ekstensi.

Layanan ini bisa mengenkripsikan end-to-end dari kotak masuk layanan Gmail Anda. Saat menggunakan layanan ini, Anda akan menemukan fitur ‘secure compose‘ di samping tombol menulis biasa.

Anda juga bisa mengamankan lampiran yang dikirimkan melalui Gmail.

Baca juga artikel lainnya terkait Tips dan Trik atau informasi teknologi lainnya di Teknonisme.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *