Hindari Pembobolan, Apple Bikin Organisasi Keamanan




keamanan Apple

Pada saat ini Apple sepertinya semakin gencar untuk menguatkan keamana untuk perangkat kembangnya, terlebih untuk produk iPhone. Belum lama ini, Apple memberikan kabar telah mempunyai organisasi keamanan paling efektif di dunia dan juga akan membahas beberapa lapisan keamana dari iPhone pada tingkat hardware maupun software.

ceo Apple

Timothy D. Cook adalah CEO dari perusahaan Apple (image : bedahtekno.com)

Dikutip dari techno.okezone.com, seperti yang kita ketahui bahwa Apple mempunyai pemikiran yang cukup bertentangan dengan pemerintah Amerika Serikat atas masalah enkripsi.

Sementara itu pihak dari pemerintah sendiri kerap memberikan tekanan kepada Apple agar membuat iPhone kurang aman serta bekerja sama ketika pemerintah memintanya agar mereka mendapat informasi digital.

Terkait dengan hal itu pihak dari Apple menolaknya, dengan alasan bahwa hal itu dapat membahayakan dari privasi serta keamanan dari konsumennya.

Oleh karena hal itu, belum lama ini Apple menggunakan brief untuk mengetuk palu dan juga menunjukkan, apa saja yang mereka lakukan agar dapat membangun sebuah keamanan dalam setiap tingkatan karena menguasai keseluruhan dari ponsel,

Untuk keamanan dari iPhone sendiri dapat melibatkan beberapa lapisan, beberapa diantaranya merupakan industri standar beserta yang lainnya lebih spesifik ke hardware Apple.

Menurut dari teknisi Apple, perlindungan dari Apple dimulai dengan chip dalam ponsel. Boot ROM maupun chip memori mencangkup sertifikasi ataupun kunci rahasia dibuat hanya pihak Apple saja yang dapat mengaksesnya.

Bila mana penyerang mencoba untuk mengambil alih dengan mengambil versi iOS serta memodifikasinya agar dapat menjalankan kode dari mereka sendiri, maka software tersebut tak akan berjalan hal ini disebabkan penyerang tak mempunyai akses ke kunci rahasia.

Hal ini adalah kasus untuk produk iPhone 3GS dan seterusnya. Semantara ada kemungkinan bug yag selalu ada membuat teknisi pihak Apple berpikir keras agar dapat membuat arsitektur yang cukup sulit untuk dibobol oleh hacker untuk mengekpolitasi  bug pada tingkatan dasar iPhone.

Hal ini tersmasuk pada memberikan kepastian kepada konsumen agar dapat pemabaruan dari iOS jua merupakan bagian terpenting agar dapat menajamin keamanan dari iPhone. Dengan begitu perusahaan dengan teratur akan meningkatkan keamanan maupun mengeluarkan perbaikan bug melalui software baru tersebut.

Comments

comments