Hindari Macet dengan Aplikasi Berikut




aplikasi macet, info IT, waze

Siapa yang ingin terkena macet saat bepergian? Jawabannya tentu saja tidak ada yang menginginkannya. Terlebih saat banyak agenda dan tempat yang dituju. Macet menjadi musuh terbesar para pengguna jalan. Namun Anda tidak perlu khawatir. Smartphone Anda memiliki fitur yang akan membantu Anda terhindar dari kemacetan. Berikut beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dalam menghindari macet.

JasaMargaLive

JasaMargaLive merupakan aplikasi yang dibuat oleh Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. Fungsi dari aplikasi ini adalah mempermudah Anda dalam kondisi beberapa jalur tol secara real time. Informasi yang disajikan berada dalam bentuk teks dan juga tampilan video CCTV pada saat itu juga.

Lewat Mana

Aplikasi Lewat Mana memberikan informasi kondisi lalu lintas yang terdapat di berbagai ruas jalan. Fungsi aplikasi ini adalah untuk mengetahui posisi yang kemudian dilanjutkan dengan menyajikan informasi kondisi lalu lintas di sekitar Anda. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi dalam bentuk foto dan video CCTV di banyak ruas jalan. Bahkan ada juga fitur untuk mengetahui lokasi bengkel terdekat dari beberapa merek mobil di banyak kota.

GIS Hubdat

GTS Hubdat adalah aplikasi yang disediakan oleh direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Sama seperti aplikasi yang lain, GTS Hubdat menyajikan informasi kondisi lalu lintas dalam bentuk video CCTV. Kelebihan aplikasi ini adalah Anda akan diberikan informasi lokasi berbagai point of interest. Seperti lokasi mesjid, restoran, pom bensin, bank, atm, kantor polisi, rumah sakit, bengkel dan lainnya.

Waze

Aplikasi ini sudah banyak dikenal berbagai kalangan, terutama para pengguna jalan yang sering terkena macet. Waze atau yang biasa disebut peta digital ini memberikan informasi situasi kemacetan dan kondisi jalan lainnya (kecelakaan, polisi,dll) di berbagai jalan. Informasi tersebut berdasarkan laporan dari pengguna Waze lainnya. Informasi tersebut divisualisasikan dalam bentuk grafis di peta digital. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai navigasi petunjuk arah dalam perjalanan.

TMD Polda Metro Jaya

Dari namanya tentu kita tahu aplikasi ini disediakan oleh Traffic Management Center Ditlantas Polda Metro Jaya. Informasi yang diberikan dari aplikasi ini adalah seputar kondisi jalan, termasuk informasi via pantauan kamera CCTV Korlantas Polri dan Jasa Marga. Perbedaan aplikasi ini dengan yang lainnya yaitu aplikasi ini juga menampilkan informasi dari Twitter milik TMC Polda Metro. Aktivitas yang dilaporkan juga terus di update. Tidak hanya itu, bahkan informasi yang diberikan juga mengenai kondisi lalu lintas, kecelakaan, demontasi, kebakaran dan lainnya.

Perkembangan teknologi semakin membantu kita dalam mengatasi berbagai kesulitan, misalnya saja terhindar dari kemacetan. Tidak ada salahnya Anda mencoba aplikasi-aplikasi tersebut. Semoga membantu mempermudah Anda dalam menghindari kemacetan.

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments