Hati-hati dengan Scam untuk Melihat Video Online

Ketika ada situs yang mengatakan anda butuh “codec” atau “player” tertentu untuk memutar video, anda harus berhati-hati karena sebenarnya anda tidak perlu mendownload hal- hal tersebut. Kemungkinan terburuk adalah situs tersebut akan mengirim malware ke komputer anda.

Anda harus tetap waspada ketika anda sedang browsing di sosmed atau sedang melihat-lihat situs streaming video. Ketika ada iklan untuk mendownload “codec”, “player” atau “update”, bisa jadi itu adalah scam.

Biasanya anda akan menemui scam semacam ini di situs streaming video yang memperbolehkan penayangan video bajakan atau video kualitas rendah lainnya. Anda tidak akan menemui scam semacam ini di situs yang sudah resmi seperti Youtube atau Netflix.

Jika anda melihat pesan dalam bentuk pop up atau iklan, JANGAN KLIK DI SITU! Malware tentunya berbahaya bagi komputer anda, tetapi hal semacam ini juga akan menginstall aplikasi yang menambah “sampah” di komputer anda karena sebenarnya aplikasi tersebut tidak ada gunanya.

Hal Yang Sebenarnya anda Perlukan

Sebenarnya untuk menonton video streaming online hanya dibutuhkan beberapa hal sepele.

1. Adobe Flash Player : merupakan aplikasi yang digunakan untuk memuta video atau flash yang dapat didownload di situs adobe.com. Jika anda menggunakan Google Chrome, maka tidak perlu mendownload Adobe Flash player karena sudah built in. Jika anda menggunakan browser lain seperti Firefox, mungkin anda akan melihat peringatan butuh Flash Player untuk memutar video. Jika hal ini terjadi maka anda perlu mengunduh Flash player. Aplikasi ini juga perlu diupdate, supaya dapat bekerja maksimal.

2. Browser Modern

yang dimaksud di sini adalah browser yang mensupport HTML5 playbak dan video H264. Contohnya Chrome, Firefox, Safari dan Opera. Jika anda menggunakan versi terbaru dari browser tadi, anda tidak perlu mengupdate atau mendownload codec untuk menonton video online.

3. Jika anda ingin menonton video yang sudah didownload, anda mungkin akan mempertimbangkan VLC atau Media Player Classic untuk memutarnya. Pastikan anda mendownload di situs resmi karena situs – situs yang menyediakan aplikasi palsu biasanya memberikan junkware. Dengan memiliki aplikasi terupdate, anda juga tidak perlu mendownload codec nya.

Let’s Browse Carefully!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *