Hacker Merajalela, Amankan Akun Facebook dengan Tips Berikut!

Sudah menjadi hal umum kini semakin banyaknya oknum yang banyak menggunakan akun facebook orang lain dengan cara meretasnya. Peretasan atau Hacking (sebenarnya disebut cracking) di Facebook nampaknya kian mengkhawatirkan. Tidak sedikit kasus akun Facebook seseorang diretas dan kemudian diunggah foto-foto yang kurang pantas dibagikan di media sosial. Lantas bagaimana cara untuk mencegah akun facebook kita di hack (crack)?

Tips Amankan Akun Facebook dari Hacker

Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk melindungi akun Facebook.

  1. Login ke akun Facebook Anda.
  2. Masuk ke pengaturan (setting).
  3. Lihat 3 bagian penting yang ada di sana:
  • Secure browsing menggunakan protokol https. Jika opsi ini di aktifkan, maka Anda akan browsing di facebook menggunakan protokol secure yang mana aktivitas Anda saat ber-facebook-ria tersebut datanya akan diacak dan sulit untuk di sniffing.
  • Lanjutkan dengan login notification. Pada bagian ini Anda akan mendapat notifikasi  “We can notify you when your account is accessed from a computer or mobile device that you haven’t used before. Choose a notification method below:” yang berarti Facebook akan mengirimkan email atau SMS kepada Anda apabila ada yang login dengan komputer atau perangkat lain yang tak biasa Anda gunakan.
  • Kemudian pada bagian login approvals, Anda akan mendapat keterangan “Require me to enter a security code each time an unrecognised computer or device tries to access my account” yang berarti Anda akan dilibatkan untuk menyetujui atau tidak menyetujui apabila terdapat pihak yang login menggunakan komputer atau perangkat yang tak biasa Anda gunakan dengan cara mengirim security code ke kontak Anda, tentunya jika opsi ini diaktifkan bisa sangat menyulitkan hacker untuk menembus akun Anda.

Tips Mencegah Akun Facebook Diretas

  1. Telitilah dan lihat selalu address bar, apakah benar Anda masuk ke alamat facebook.com. Jangan sampai Anda masuk ke website phising.
  2. Minimalisir privillage untuk aplikasi-applikasi yang kurang penting.
  3. Hide selalu email utama yang Anda gunakan login untuk facebook.
  4. Pastikan logout sebelum meninggalkan komputer, terutama komputer publik.
  5. Untuk keamanan ekstra, lakukan pembersihan cookies dari komputer Anda. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam mengamankan akun facebook Anda.

Tips tersebut tidak ada salahnya untuk Anda coba. Adanya oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakan akun Facebook Anda tentu akan membuat Anda menjadi geram. Ada baiknya Anda mencegah hal tersebut agar tidak terjadi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *