Generasi Setelah Internet

Teknonisme.com – Pernahkah terbersit di benak anda, apa selanjutnya generasi setelah internet?

Di zaman teknologi dan akses intenet yang super cepat, ternyata masih ada rancangan teknologi terbaru setelah generasi internet, yakni Komputer Kuantum.

Apa itu komputer kuantum?

Komputer kuantum adalah mesin yang mampu memecahkan masalah komputasi yang sangat sulit dengan kecepatan yang luar biasa – di luar komputer masa kini “klasik”. Pada komputer konvensional, satuan informasi disebut “bit” dan dapat memiliki nilai 1 atau 0. Tapi ekuivalennya dalam sistem kuantum – qubit (bit kuantum) – dapat berupa 1 dan 0 pada waktu yang sama. . Fenomena ini membuka pintu bagi beberapa perhitungan yang akan dilakukan secara simultan.

Komputer kuantum dikembangan di laboratorium di seluruh dunia. Para ilmuwan juga telah mengambil langkah selanjutnya serta memikirkan internet kuantum berbasis cahaya yang harus segera diwujudkan.

Tidak mudah untuk mengembangkan teknologi dengan perangkat yang secara teknis belum ditemukan, namun komunikasi kuantum merupakan bidang penelitian yang menarik karena teknologinya akan memungkinkan kita untuk mengirim pesan yang jauh lebih aman.

Ada beberapa masalah yang perlu dipecahkan agar internet kuantum ini terwujud :

  • Mendapatkan komputer kuantum untuk berbicara satu sama lain
  • Membuat komunikasi aman dari hacking
  • Mengirim pesan dari jarak jauh tanpa kehilangan bagian pesan; dan
  • Mengarahkan pesan melintasi jaringan kuantum

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *