Facebook Ubah Foto Panorama Jadi 360 Derajat

Sosial media Facebook baru-baru ini saja meresmikan peluncuran dukungan untuk foto 360 derajat pada jejaring sosialnya. Sebenarnya fitur ini telah diuji coba sejak awal bulan Mei 2016 yang lalu.

Dikutip dari tribunnews.com, “Anda saat ini dapat melihat foto 360 derajat dan dapat merasakan pengalaman benar-benar hadir di suatu temapt,” ujar CEO Mark Zuckerberg lewat akun Facebook pribadinya.

facebook
Mark Zuckerberg menjadi salah satu pembicara di sesi keynote acara Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol (image : tekno.kompas.com)

Dengan pembaruan fitur ini, kita sebagai pengguna tak perlu lagi harus mempunyai sebuah kamera 360 derajat khusus untuk dapat membuat konetan yang hendak kita bagi ke Facebook. Kita dapat memanfaatkan kamera yang sudah ada pada smartphone maupun tablet, dengan mengaktifkan mode panorama.

Yang nantinya sistem Facebook secara otomatis akan mengubah setiap foto panorama ke dalam tampilan 360 derajat. Yang pastinya, setiap orang akan dapat membuat foto multi-angle pada jejering sosial bernuansa biru ini.

Sementara itu, kita juga dapat menikmati konten 360 derajat ini lewat smartphone, PC, ataupun headset realitas virtual alias virtual reality (VR). Pada smartphone, kita cukup menggoyangkan smartphone kita ke kanan, kiri, atas, dan juga bawah.

Foto akan menampilkan secara keseluruhan perspektif. Bila kita ingin menikmati menggunakan PC, maka kita memerlukan sebuah kursor agar dapat mengulirkan layar ke berbagi sudut pandang. Pengalaman yang paling memukai diakomodir oleh perangkat VR.

Kita cukup untuk mengarahakan kepala ke berbagai arah, sesuai dengan perspektif yang ingin kita lihat. Seperti yang kita ketahui, saat ini Facebook sedang gencar untuk mempromosikan teknologi VR.

CEO Facebook Mark Zuckerberg meyakini bahwa VR ini merupakan masa depan dari industri teknologi. Saat ini, perusahaan Facebook sampai mengakuisisi starup Oculus agar dapat membuat sebuah headset serta software VR.

Sebelum Facebook terjun ke dunia VR ini, sudah ada beberapa perusahan besar yang lain yang ikut meramaikan bisnis VR, diantaranya Samsung, Google, HTC, LG serta Asus telah terlebih dulu terjun ke bisnis VR.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *