Facebook dan Google Luncurkan Tools untuk Temukan Korban Gempa Nepal

Dunia sedang berduka karena adanya bencana gempa bumi dengan kekuatan 7,8 skala richter yang terjadi di negara Nepal.  Akibatnya terdapat setidaknya 2.200 orang korban jiwa. Sebagai bentuk rasa kemanusiaannya, dua raksasa internet Google dan Facebook meluncurkan sebuah tool untuk membantu mengatuhui keadaan kondisi para korban.

People Fiender adalah tools populer yang mana masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang seseorang yang berada di wilayah bencana. Layanan ini juga bisa diakses menggunakan SMS. Tools ini diluncurkan pada tahun 2010 silam di Haiti untuk pertama kalinya. Data yang diperoleh People Finder didapatkan dari informasi-informasi yang masuk baik secara personal perorangan maupun organisasi terkait.

Jika google merilis People Fiender, Facebook juga menyediakan layanan serupa dengan nama Safety Check. Dengan tool ini kita mampu mengetahui kondisi sahabat/orang dikenal di area bencana. Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook menjelaskan jika ada pengguna Facebook yang berada di wilayah terdampak, maka ada notifikasi apakah pengguna tersebut dalam kondisi baik atau tidak.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *