Empat Tips Amankan Data dari Serangan Hacker




Akhir-akhir ini kasus peretasan akun media sosial serta e-mail kepunyaan orang marak terjadi. Kondisi ini membuat para pengguna internet merasa khawatir kalau akunnya akan diretas oleh hacker.

Meskipun aksi tersebut tak jarang sulit untuk dibendung, namun sebenarnya ada beberapa teknik agar dapat mempertahankan data maupun informasi pribadi dari pencurian hacker.

antivirus1

Gunakan antivirus untuk menghindari virus yang ada di perangkat anda (image : ingataku.com)

Dikutip dari tekno.liputan6.com, ada beberapa tips untuk mengamankan data agar mencegah dari pencurian oleh hacker. Berikut cara-caranya.

1.Buat password prioritas

Tak jarang, kita mempunyai satu password untuk semua akun yang kita miliki dengan berbagi alasan. Padahal, keadaan tersebut akan memudahkan para hacker untuk membobol banyak akun sekaligus cukup menggunakan satu password saja.

Untuk itu, maka kita perlu password khusus untuk setiap akun yang kita miliki. Tak sekedar itu, kalau bisa password kita buat kombinasi unik serta tak biasa.

Karena sebagian orang menangap punya banyak password untuk setiap akun kepunyaan, akan merepotkan. Akan tetapi, sekarang ini banyak software serta layanan pengaturan password yang dapat membantu kita.

2.Gunakan software antivirus

Selain password, virus juga dapat menjadi senjata hacker untuk masuk ke akun maupun perangkat kita. Untuk itu, kita perlu perlindungan agar mencegah virus masuk kedalam perangkat kita.

Salah satu solusinya menggunakan software antivirus. Saat telah banyak beragam software antivirus yang tersedia, entah itu gratis maupun berbayar.

Walaupun kita telah menggunakan antivirus, kebiasaan kita dalam mengakses internet juga perlu diperhatikan, tindakan seperti mengunduh dari sumber tak dikenal maupun mengunjungi situs yang mencurigakan harus kita hindari.

3.Waspada e-mail phising

Salah satu teknik yang mungkin sering dilakukan hacker agar dapat mengakses informasi serta perngkat kita dengan e-mail spam. Untuk itu, maka kita perlu hati-hati saat membuka e-mail tak dikenal.

Agar dapat mengetahui sebuah e-mail itu asli atau tidak, kita dapat melihat dari alamat pengirimnya. Pastikan e-mail yang masuk berasal dari alamat yang resmi, seperti umumnya e-mail saat ini.

Selain hal itu, kita perlu untuk berhati-hati pada tautan pada e-mail. Walaupun e-mail itu terlihat resmi, tak jarang tautan mengarah pada situs berbahaya.

Untuk memastikan alamat asli sebuah tautan, maka kita dapat menggeser kursor ke arah tautan tersebut dan biasanya alamat situs tujuan akan muncul.

4.Selalu persiapkan diri atas berbagai kemungkinan

Salah satu point penting yang harus kita ingat ialah bersikap realistik, yang dimaksudkan kita sebagai pengguna internet ada kemungkinan untuk diretas.

Ada banyak cara yang memungkinkan hal itu dpat terjadi. Untuk itu, persiapan menjadi penting agar mencegah hacker mendapatkan informasi penting kita.

Hal yang perlu kita ingat, cara di atas tak berarti membuat kita lepas dari calon korban peretasan,. Cara itu dapat membantu kita dalam mengontrol kondisi ketika ada serangan yang akan mengancam informasi penting kita.

Comments

comments