Deretan Smartphone Canggih dengan Pipa Pendingin

Terkadang pada saat kita sedang menggunakan smartphone, kita merasa bahwa smartphone kita mengeluarkan panas. Hal tersebut dikarenakan kinerja CPU dari perangkat smartphone kita.

Dikutip dari techno.okezone.com, para produsen dari smartphone kini telah menemukan siasat agar smartphone kembangan mereka tahan panas. Salah satu upaya yang mereka lakukan dengan memasang pipa pengantar panas tipis, yang mana disinyalir sebagai upaya untuk pendinginan smartphone.

Xperia Z5
Bentuk dalaman dari Sony Xperia Z5 (image : techno.okezone.com)

Dangan bantuan dari pipa yang tertanam dalam smartphone tersebut, diyakini dapat mengurangi panas yang akan terjadi pada smartphone. Nah teknik ini sendiri diadopsi oleh beberapa smartphone yang beredar di pasaran, terlebih pada kelas premium.

Apa saja smartphone yang mengusung pipa pendingin untuk mengurangi panas di dalam smartphone. Berikut ini adalah daftarnya.

1.Sony Xperia Z5 Premium

Sony dianggap sebagai pelopor ketika mereka mengadopsi teknik heat pipe agar dapat mendinginkan handset CPU pada Sony Xperia Z2. Handset yang baru yang disokong oleh Snapdragon 810 seperti halnya Xperia Z5 Premium juga menggunakan heat pipe di dalamnya.

2.Sony Xperia Z5

Bukan hanya Sony Xperia Z5 Premium yang dibekali oleh heat pipe, Xperia Z5 juga telah dibekali oleh dua pipa agar dapat membuang panas dari Snapdragon 810, mengingat bahwa chipset tersebut disebut-sebut overheating pada beberapa jenis smartphone yang menggukannya.

3.Samsung Galaxy S7 Edge

Salain Sony, perusahaan Samsung juga telah menggunakan heat pipe di dalam smartphone premiumnya yakni Samsung Galaxy S7 Edge. Untuk menjaga smartphonenya tetap dingin, Samsung mengakalinya dengan merancang satu untuk scratch, bereksperimen dengan alloy, serta metal di dalam pipa serta dengan penempatan yang tepat.

4.Samsung Galaxy S7

Smartphone Samsung lain yang telah dibekali oleh teknis pendingin adalah Samsung Galaxy S7. Saudara dari Galaxy S7 Edge ini juga mempunyai pipa yang sama yang terpasang di dalam Galaxy S7 Edge.

5.Lumia 950 XL

Microsoft Lumia 950 XL adalah smartphone lain yang telah menggunakan heat pipe agar dapat menjinakkan CPU Snapdragon 810 yang menyongkong dapur pacu dari Lumia 950 XL ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *