Cara Mereset Windows 10 ke Default Settings

Seiring waktu, sistem Windows menjadi agak lambat sehingga anda tidak dapat menggunakannya secara maksimal. Ada beberapa alasan yang dapat membuat Windows menjadi seperti ini, antara lain : Menginstal banyak program, tidak menguninstall program dengan benar, terkena infeksi virus atau malware, serta pengaturan file dan setting yang salah. Saar Windows anda menjadi tidak stabil, beberapa orang berpikiran untuk menginstall ulang Windows versi mereka.

Sekarang, Windows 10 dilengkapi dengan opsi yang mengijinkan anda me-reset sistem ke pengaturan default (pabrikan). Opsi ini lebih cepat dan lebih baik daripada menginstal ulang Windows anda. Singkatnya, mereset sistem Windows tidak jauh beda dari mereset sistem operasi handphone anda.

Penting!

Ketika anda mereset sistem Windows 10 anda, anda akan kehilangan semua program yang sudah terinstal, setting personal, dan pengaturan anda. Meski begitu, anda masih memiliki opsi untuk menyimpan data personal yang disimpan di drive C (SYSTEM). Jadi, sebelum mereset PC anda, sebaiknya anda back up semua program dan data personal anda.

Langkah-langkah mereset Windows 10 :

  1. Untuk memulai proses Resetting, klik ikon Notification di taskbar dan kemudian pilih “All Settings”
  2. Setelah panel setting terbuka, scroll ke bawah dan pilih “Update and Security”.
  3. Di jendela Update and Security, pilih “Recovery” di panel kiri, lalu klik tombol “Get Started” di bawah “Reset this PC”.
  4. Anda akan dibawa ke tampilan “Choose an option”. Di sini anda akan disediakan dua pilihan :
  5. Menghapus semuanya (termasuk data pribadi) atau anda bisa menyimpan data pribadi dan menghapus data lainnya (program yang terinstall dan setting)
  6. Untuk amannya, pilih opsi “Keep my files” agar data pribadi anda tidak ikut terhapus.
  7. Windows anda akan melakukan scanning terhadap PC anda dan mendaftar semua program yang akan dihapus selama proses PC. Kabar baiknya adalah Windows akan menyimpan daftar semua program yang terhapus dan daftar ini bisa anda akses di dekstop setelah proses reset selasai. Untuk melanjutkan klik “Next”.
  8. Dalam layar ini, Windows 10 akan memberitahu bahwa Windows 10 akan diuninstall tanpa menghapus data pribadi anda. Klik “Reset” untuk memulai proses.
  9. Windows akan mulai reset dan mengembalikan PC anda ke setting pabrikan.
  10. Setelah anda selesai mereset PC anda, anda dapat mengakses daftar program yang terhapus di dekstop anda.

 

 

Comments

comments

1 Comment

  • Gan sya kan dah di reset.. trus apk Microsoft,dll nya pada ikutan ilang? Trus shortcut This Pc, Control panel-nya pd ilang, cara balikinnya gmn ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *