Cara Menjawab Pesan yang “Tenggelam” di Grup WhatsApp

Saat ini WhatsApp telah menyematkan sebuah fitur baru pada platform chatting-nya. Fitur ini dapat membuat penggunanya dapat mengutip serta membalas pesan (quotes and replies) secara personal dalam obrolan grup.

Dikutip dari tekno.kompas.com, kemampuan ini dapat mereduksi kesalahpahaman kemunikasi yang terjadi pada grup. Selama ini, anggota grup yang banyak terkadang membuat topik obrolan melebar. Kadang orang A membahas topik 1, lalu ditimpali oleh B dengan topik yang lainnya, dan seterusnya.

teknik
Ikon panah paling kiri untuk membalas pesan dari salah satu topik (image : tekno.kompas.com)

Misalkan saja, saat kita ingin membalas omongan si A yang membahas topik 1. Karena ramainya pertukaran pesan pada suatu grup, maka dapat juga balasan kita dianggap untuk omongan si B tentang topik 2.

Dalam kasus seperti ini, quotes and replies akan membuat si A serta teman grup lainnya akan mengerti bahwa balasan kita ditujukan pada topik 1 yang telah dibahas oleh A. Masalah yang sering kita alami adalah ketika kita ingin membahas kembali topik lama pada obrolan lawas.

Karena terjadi banyaknya percakapan setelahnya akan membuat obrolan lawas itu akan tenggelam. Kita tak perlu khawatir lagi, kita cukup mencari kalimat yang mengindikasikan obrolan tersebut, lalu kita tinggal tulis keterangan tambahan agar teman grup lain paham yang kita maksudkan.

Fitur ini sudah dapat kita nikmati, karena telah diluncurkan kedalam versi beta pada pekan lalu. Kini, setiap pengguna Android maupun iOS sudah dapat menikmati fitur terbaru dari WhatsApp ini.

Pertama-tama kita harus lebih dahulu memperbarui aplikasi WhatsApp kita via Google Play Store maupun Apple App Store. Setelahnya kita cukup membuka aplikasi WhatsApp seperti biasanya saja.

Bila kita menginginkan untuk menguntip salah satu pesan serta membalasnya, kita harus menekan lama pada pesan yang ingin kita balas. WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak.

Salah satunya adalah yang terletak pada paling kiri, yakni ada ikon bergambar panah. Kita cukup menekannya sekali saja, maka WhatsApp secara otomatis akan menguntip pesan yang ingin kita komentari.

Setelah kita menuliskan komentar, kita tinggal mengirim pesan tersebut. Anggota grup akan paham bahwa kita sedang membalas sebuah obrolan spesifik yang dilontarkan oleh satu orang.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *