Cara Mengubah Kecepatan Video dengan Windows Movie Maker

Ketika anda berpikiran untuk mengedit video, Windows Movie Maker muncul di pikiran anda karena simple dan mudah digunakan. Windows Movie Maker sudah terinstall merupakan program bawaan untuk Windows terdahulu. Program ini gratis dan memiliki semua alat yang dibutuhkan untuk mengedit video amatiran. Fitur yang disediakan termasuk fitur memotong dan menggabungkan klip video dan memberikan narasi, musik, transisi, dan efek. Jika anda belum punya Windows Movie Maker, dapat di download :

di sini

Jika anda butuh memberikan efek slow motion pada video anda, atau anda ingin mempercepat video untuk membuat video time lapse, maka Windows Movie Maker merupakan alat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda. Movie Maker memililki alat pengatur kecepatan yang mudah dipakai dan memungkinkan anda melakukan kedua hal tadi. Anda dapat memperlambat video hingga seperdelapan kecepatan aslinya atau mempercepatnya hingga 64 kali lebih cepat.

Untuk mengubah kecepatan video dengan Windows Movie Maker, berikut ini langkah-langkah yang harus anda tempuh :

  1. Buka Windows Movie Maker, pilih salah satu segment video yang ingin anda ubah kecepatannnya. Anda dapat mengedit beberapa segment sekaligus dengan menahan tombol Ctrl selagi meng-klik pada klip video untuk menambahkannya ke Movie Maker. Jika anda ingin mengedit semua video dalam mix sekaligus, anda dapat menekan tombol Select All di bagian Home.
  2. Klik tab Edit di bagian bawah Video Tools. Akan ada drop-down menu dengan label Speed. Menurunkan nilainya dapat memperlambat kecepatan video, sedangkan menaikkan nilainya dapat mempercepat kecepatan video. Misalnya, memilih nilai tertinggi (64x) akan membuat video anda diputar 64 kali lebih cepat dari aslinya.

N.B. : Untuk video slow motion, kualitas videonya tergantung dari banyak fps (Frame per second) saat proses perekaman. Jika anda menggunakan kamera yang fps-nya rendah maka hasil video slow motion akan menjadi agak berantakan.

Comments

comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *