Cara Mengembalikan (Restore) File Penting yang terhapus di iCloud




Jika anda pernah, secara tifak sengaja, menghapus file penting atau kontak penting di iCloud drive anda, maka anda jangan panik terlebih dahulu. Anda mungkin masih dapat mengembalikan (recover) file – file tersebut karena penghapusan file secara default dalam iCloud adalah proses pemindahan ke tempat khusus selama 30 hari sebelum file – file tersebut benar – benar dihapus.

Cara Mengembalikan (Restore) File Penting yang terhapus di iCloud

Meskipun anda menghapus data penting di iCloud anda melalui iPhone atau iPad, untuk mengembalikan file – file tersebut hendaknya dilakukan dengan komputer. Lebih baik lagi, jika anda menggunakan Chrome atau Safari karena layarnya lebih besar daripada layar di perangkat mobile.
Berikut ini langkah – langkah mengembalikan file – file yang telah terhapus di iCloud :

  1. Login ke akun iCloud anda
  2. Setelah anda sudah login, anda akan melihat beberapa Apps. Pilihlah Settings
  3. set
  4. Di bagian bawah halaman, anda akan melihat bagian Advanced yang berisi beberapa opsi untuk me-recover files, kontak, kalender, pengingat dan bookmark. Pilihlah salah satu yang anda butuhkan
  5. Untuk mengembalikan file, yang perlu lakukan adalah memilih file – file yang anda inginkan menggunakan cekbox yang tersedia dan klik Restore File setelah anda selesai. Namun, jika anda tidak menemukan file yang anda inginkan di daftar restore, ada kemungkinan file tersebut sudah lebih dari 30 hari terhapus sehingga sudah hilang, selamanya.
  6. Tips : Secara default, file – file tersebut akan didaftar dalam urutan alfabetis. Anda dapat mengurutkannya berdasarkan tanggal jika anda ingin menemukannya lebih cepat.
  7. Anda juga dapat mengembalikan kontak, kalender, atau bookmark. Jika iya, anda akan melihat beberapa daftar arsip. Anda perlu memilih arsip yang berisikan informasi yang anda perlukan. Data yang baru anda pilih akan merubah semua data yang sudah ada di perangkat anda. Namun, sebelum iCloud mengubah data apapun, biasanya akan membuat back up data anda saat ini terlebih dahulu supaya anda dapat mengambilnya ketika anda butuh.
  8. bookm

 

Comments

comments