Cara Mencari File Berdasarkan Ukuran dengan Filter di Windows 10

Windows 7 telah menghadirkan fitur untuk menyaring file atau data berdasarkan ukuran, tanggal dimodifikasi (date modified), tag, tipe, dan masih banyak lagi di Windows Explorer. Fitur ini sangat berguna untuk membantu user menemukan dan mengorganisasi file yang begitu banyaknya.

Semenjak WIndows 8, Windows Explorer diubah menjadi File Explorer. Esensinya masih sama, File Explorer memiliki interface yang berbeda, misalnya sistem drop down menu diganti dengan ribbon toolbar. Meski demikian, File Explorer tetap memiliki fungsi dasar yang sama. File Explorer pada Windows 10 telah membuatnya semakin intuitif dalam mengorganisasi alat – alat filter di ribbon File Explorer.

Kegunaan filter baru di File Explorer Windows 10 :

  1. Mem-filter file yang berukuran besar, sehingga anda dapat menghapusnya untuk mengosongkan memory
  2. Mencari foto – foto lama yang sudah anda lupakan, bisa untuk anda cetak atau anda hapus
  3. Mencari dokumen berdasarkan tipe dan tanggal dibuat, jika anda lupa nama filenya atau di mana anda menyimpannya

Berikut ini cara mem-filter File dengan File Explorer di Windows 10 :

  1. Buka File Explorer, klik di Search Bar. Akan muncul Search Tools. Semua fungsi filter yang tersedia dapat anda temukan di bagian “Refine“, untuk filter Date Modified, Kind , dan Size sudah tersedia secara otomatis. Filter yang lain ada di dalam “Other properties“. Anda dapat memberikan banyak filter dalam waktu yang sama. Cukup klik filternya untuk menambahkan
  2. Ketika anda mengklik salah satu pilihan filter di ribbon, anda akan diberikan bebrapa daftar filter untuk data terkait. Misalnya, jika anda mengklik Size, anda dapat memilih daftar berdasarkan ukuran file. Jika anda memilih filter Date Modified, anda akan diberikan kalender. Filter pilihan anda akan ditampilkan di Search Bar
  3. Anda dapat mengedit pencarian anda secara manual dengan mengetik secara langsung di search bar. Jika anda ingin memfilter file berdasarkan nama, anda hanya perlu mengetikkan teksnya secara langsung. Jika anda ingin memasukkan filter secara manual, taruh spasi di antara item yang ingin anda cari untuk memisahkan mereka.

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *