Cara Menambahkan Jam Zona Waktu Berbeda di Windows 10




Terkadang anda mendapat kesulitan saat menentukan waktu saat ini di belahan dunia lain, terutama jika anda punya pekerjaan yang berhubungan dengan waktu dan luar negeri. Kadang anda pusing, apakah di daerah itu waktunya lebih cepat 1 jam atau 2 jam, atau justru lebih lambat dari tempat anda.

Anda tidak perlu pusing lagi karena sekarang sudah ada fitur menambahkan zona waktu lain ke PC anda. Jam penunjuk zona waktu ini hanya akan muncul saat anda mengarahkan mouse di atasnya atau saat anda membuka jam normal anda, jadi tidak akan mengganggu penggunaan PC anda.

Berikut ini tutorial menambahkan fitur zona waktu ke PC anda :

  1. Klik Start, lalu buka Settings
  2. Klik Time & Language
  3. Scroll ke bawah dan cari “Add clocks for different time zones” di tab Date & Time
  4. Jendela Date & Time baru akan terbuka. Pastikan anda di tab “Additional Clocks”. Anda dapat menambahkan hingga 2 jam tambahan. Secara otomatis jam-jam tersebut akan berwarna abu-abu. Centang pilihan “Show this clock” kemudian pilih zona waktu yang anda inginkan dari menu yang muncul. Pastikan untuk mengetikkan nama atau jika tidak, jam anda akan diberi nama Clock 1 secara otomatis. Lakukan langkah ini untuk menambahkan jam kedua.Untitled-4
  5. Waktu yang ada di pojok kanan bawah layar anda adalah waktu lokal yang otomatis update jika anda berpergian. Arahkan mouse anda di atas jam untuk melihat waktu di zona yang telah anda pilih
  6. Jika anda mengklik waktu untuk mengeluarkan kalender, jam tambahan yang anda buat akan muncul bersamaan dengan tanggalan. Ini berguna jika anda ingin mengetahui perbedaan hari jika berpergian ke tempat yang zona waktunya jauh.

 

Comments

comments