Cara Membuat Event Efektif dengan Google Calendar

Google Calendar memiliki fitur yang jarang diketahui yang dapat memungkinkan anda untuk membandingkan kalender anda dengan kalender orang lain untuk menemukan waktu luang jika ingin mengadakan event. Fitur ini membutuhkan semua pihak yang terlibat untuk berbagi kalender mereka, tapi anda dapat menyetel kalender sehingga yang terlihat hanyalah status “sibuk” tanpa embel – embel detilnya.

Dengan fitur ini, anda dapat membandingkan kalender anda dengan hingga 20 jadwal/kalender.

Untuk membagikan kalender dengan orang lain di Google Calendar, berikut langkah – langkahnya :

  1. Pastikan semua orang yang terlibat sudah men-share kalendar mereka dengan anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik drop down menu di sebelah Kalender utama dan mengklik “Share this calendar“.
  2. Di bawah bagian “Share with specific people”, ketikkan alamat email semua orang yang ingin anda share. Anda dapat memilih settingan untuk permission di drop-down menu di sebelah alamat email mereka untuk mengendalikan seberapa banyak informasi dari kalender anda yang dapat mereka akses. Sebaiknya anda memilih opsi “See only free/busy (hide details)“, yang tetap menjaga privasi anda. Setelah selesai, klik Save.
  3. Kembali ke kalender anda dan buat event yang ingin anda laksanakan atau buka event yang sudah ada (sudah anda rencanakan di Google Calendar). Klik tab Find a time. Cari di sebelah kanan layar untuk menemukan kotak “Add Guests“. Ketikkan alamat email orang – orang yang ingin anda undang ke event anda. Mereka akan muncul di area Guests dan diberi warna. Jika yang anda undang tidak memiliki warna dan ada tanda* di sebelah namanya, berarti di belum men-share kalendernya dengan anda.
  4. Kalender view akan menunjukkan semua event di kalender tamu. Mereka bisa dinamai dan tidak dinamai tergantung permisi/izin yang mereka berikan ketika anda sharing kalender dengan mereka. Kotak biru dengan pinggiran (border) yang dianimasikan adalah event yang anda buat. Klik waktu yang tepat saat semua orang memiliki waktu senggang dan waktu tersebut akan diupdate di halaman teratas. Anda dapat memilih antara view untuk hari atau minggu/

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *