Cara Membuat Custom Route di Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi yang banyak diandalkan untuk menunjukkan arah dan jalan, tanpanya, banyak orang tersesat dalam keramaian perkotaan. Penggunaannya mudah, anda tinggal menuliskan tujuan ke mana anda ingin pergi, Google Maps langsung memberikan beberapa opsi rute untuk menuju ke sana dengan mobil, jalan kaki atau alat transportasi publik.

Salah satu fitur yang tidak banyak diketahui dalam Google Maps adalah pembuatan rute pribadi (cusyom). Jika anda ingin mencapai tujuan dengan “mampir” ke tempat lain, atau memilih jalan memutar yang lebih jauh, maka anda dapat menyesuaikan rute anda dengan yang direkomendasikan Google Maps.

Berikut ini cara membuat rute custom dengan Google Maps (versi web) :

Ketikkan alamat awal dan tujuan anda (To dan From) untuk memperoleh rute. Google Maps akan menyarankan beberapa rute di panel sebelah kiri dan akan ditmapilkan di peta. Rute yang telah dipilih ditampilkan dalam warna biru dengan lapisan warna kuning dan merah. Rute alternatif ditunjukkan dalam warna abu – abu di peta. Google Maps akan memberikan anda jarak dan waktu tempuh (tanpa lalu lintas) untuk tiap rute. Anda dapat mengganti rute di peta atau dengan memilih di daftar panel.

Buat rute anda secara manual, arahkan mouse anda di bagian rute yang dipilih, yang ingin anda cabangkan. Akan muncul lingkaran di bawah kursor anda. Klik dan tarik rute tersebut ke jalan yang ingin anda tempuh.

Tarik rute anda di seluruh bagian peta sesuai dengan keinginan anda. Lingkaran rute akan selalu berada di rute yang terpampang. Jika anda meng-klik lingkaran rute, maka akan terhapus secara otomatis dan bagian rute yang sudah anda ubah tadi akan kembali seperti rute semula.

Comments

comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *