Cara Mem-Forward E-Mail Secara Otomatis lewat Google Mail




Gmail dilengkapi fitur yang memudahkan kita mem-forward email dari seseorang ke orang lain. Ini akan berguna bagi anda dalam beberapa situasi, terutama bagi orang yang memiliki lebih dari satu akun. Orang yang memiliki banyak akun akan menunggu pesan datang ke email sekunder, kemudian dapat diforward langsung ke email utama.

Berikut ini cara menggunakan fitur forward otomatis di Gmail versi web (tidak dapat digunakan untuk versi Mobile) :

Buat filter (penyaringan). Jika anda ingin memforward langsung pesan dari orang tertentu, pilih email dari orang tersebut, lalu masuk ke More > Filter messages like these. Jika anda ingin menyaring pesan berdasarkan keyword atau lainnya, anda dapat mengklik anak panah bawah di sebelah kanan search bar.

Isi formulir filter sesuai keinginan anda. Ada beberapa pilihan yang tersedia untuk mengatur filter anda. Setelah anda selesai dalam mengisi form nya, klik “Create filter with this search” di pojok kanan bawah.

Klik tanda centang di sebeleah “Forward it to” dan pilih alamat email dari menu yang keluar. Jika alamat email tujuan anda tidak muncul, klik “add forwarding address”.

Jika anda memilih “add forwarding address” maka anda akan masuk ke tampilan forwarding. Di sini anda bisa memilih opsi forward all email messages to another address anda ingin semua email dari alamat email lama langsung dikirim ke alamat email baru anda. Tentunya, anda perlu memasukkan alamat email tujuan ke dalam kotak di jendela pop-up.

Akun yang anda pilih sebagai tujuan forward akan menerima pesan konfirmasi dari Google. Jika mereka sudah membuka pesan tersebut, klik link di dalamnya, yang akan membuka halaman untuk mengklik tombol konfirmasi. Setelah selesai, adna tinggal me-refresh halaman Gmail anda dan alamat email tersebut akan langsung muncul di pilihan forwarding.

Kembali ke langkah 3 dan pilih alamat email yang ada di daftar drop-down. Klik tombol “Create Filter” dan anda sudah selesai. Semua pesan yang memenuhi kriteria atau filter yang dikirim akan langsung di forward ke alamat email yang anda pilih.

Comments

comments