Cara Lenovo Rayu Pengguna Apple dan Samsung

Saat ini persaingan penjualan smartphone sudah sangat sengit. Setiap vendor meluncurkan produk yang mempunyai keunggulannya masing-masing. Salah satu vendor yakni Lenovo mempunyai strategi untuk merayu konsumen dari Samsung dan Apple untuk beralih pada produk besutannya.

Dikutip dari tekno.kompas.com, “Banyak hal yang kami kerjakan dalam perspektif marketing,”, ujar Quinn O’Brien, Vice President Worldwide Brand Lenovo.

Quinn O'Brien
Quinn O’Brien, Vice President Worldwide Brand Lenovo, saat memberikan keterangannya di sela-sela ajang Tech World 2016, San Francisco (image : nextren.com
)

“Kami juga telah menyiapkan faktor pemicu (trigger) agar dapat menyakinkan mereka mau beralih,” imbuhnya.

Beberpa faktor ini terungkap pada saat peluncuran ponsel-ponsel Lenovo serta Motorola pada ajag Tech World, produk yang dirilis seperti Phab 2 Pro dengan kemampuan Augmented Reality (Tango) serta Moto Z yang mempunyai konsep modular yang mudah serta cepat.

Dengan produk-produk tersebut, O’Brien mengatakan bahwa setidaknya ada tiga kelompok pengguna yang menjadi sasaran Lenovo. Mereka adalah grup yang disebut pihak Lenovo sebagai Design Trendsetter, serta Plug n Player.

Kalangan yang membutuhkan produk dengan desain yang berbeda dan menginginkan kemudahan.

“Kami memang tak  menargetkan kalangan milenial, karena percaya dua kalangan inilah yang bakal rela mengeluarkan uang demi membeli produk-produk kami,” ujar O’Brien.

O’Brien juga menjelaskan bahwa Lenovo bukan membuat produk yang terbaik setiap lini bisnisnya, melainkan membuat produk yang lebih baik, yang disempurkan seiring berjalannya waktu.

“Produk yang terbaik pada akhirnya hanya akan kadaluarsa, ada produk baru lagi yang akan muncul, dengan membuat produk yang selalu baik, maka pengalaman konsemen akan terbangun serta mereka mau menggunakan produk-produk kami,” imbuh O’Brien.

Konsistensi juga menjadi salah satu faktor yang penting yang disoroti oleh pihak Lenovo, hal ini mengingat begitu banyaknya brand yang mereka miliki. Seperti halnya Vibe, tablet Phab, Moto, Leptop ThinkPad, Yoga, IdealPAd, serta desktop Thinkcentre.

Untuk menciptakan pengalaman yang sama, O’Brien menjelaskan bahwa Lenovo akan mempertahankan ciri khas yang dimiliki dengan menghadirkan pengalaman pengguna yang terasa sama pada setiap produknya, juga melalui citra brand-nya sendiri.

Brand Lenovo sendiri baru saja mengusung sebuah logo baru yang akan terpasang untuk setiap produknya yang luas di atas. Ciri khas yang akan dipertahankan baik itu dalam desain dasar maupun pilihan warna-warna khas Lenovo yang berbeda-beda.

“Karena kami percaya, bahwa dunia tak selalu sama,” kata O’Brien.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *