Apple Akan Mulai Mainkan Sektor Augmented Reality, Benarkah?

Tektonisme.com – Ketertarikan Apple pada augmented reality (AR) kini menjadi perbincangan, dan perusahaan itu kini ingin memperluas sektor teknologinya setelah meluncurkan iPhone 8, 8 Plus, dan X. Apple telah lama memuji manfaat AR, dan juga terdengar rumor bahwa Apple ingin membuat perangkat AR mereka sendiri.

Saat ini Apple belum secara resmi mengkonfirmasi rencana mereka tentang pembuatan AR ini. Hal ini nampaknya masih akan menjadi imajinasi bagi Apple untuk membuat perangkat AR sendiri.

Namun, dilaporkan TechCrunch, tampaknya Apple telah mengakuisisi startup dari Montreal, Kanada. Perusahaan yang diakuisisi adalah perusahaan headset AR, bernama Vrvana.

Perusahaan tersebut telah membuat Headset AR yang disebut “Totem”, sebuah produk yang sebelumnya mendapatkaan sambutan hangat, namun pada akhirnya gagal diproduksi massal. Berdasarkan laporan tersebut, dikatakan kesepakatan Apple dengan perusahaan AR ini sebesar USD 30 juta atau setara dengan Rp 390 miliyar.

BACA JUGA:

Belum jelas apa yang diinginkan Apple dengan Vrvana, mengingat kegagalan Vrvana sebelumnya. Namun melihat dari sisi produksi yang dilakukan Vrvana ini adalah perusahaan spesialisasi pembuat headset AR, rasanya dapat diprediksi apa langkah yang akan dilakukan Apple untuk mengakuisisinya.

Tentu, Apple akan memanfaatkan Vrvana untuk membuatkan headset AR khusus Apple kedepannya. Sejauh ini rumor mengenai headset AR Apple telah terdengar akan diluncurkan antara tahun 2019 dan 2020.

CEO Apple Tim Cook telah mengindikasikan ketertarikannya pada headset AR untuk Apple di masa lalu. Namun, ia masih belum yakin akan ada teknologi AR yang sesuai dengan standar Apple saat ini.

“Apple hanya akan mengerjakan sesuatu jika itu dirasa bisa dilakukan ‘dengan cara yang berkualitas’,” tegas Cook, seperti dilansir dari Ubergizmo, Rabu (22/11).

Baca juga artikel menarik lainnya terkait Apple atau informasi teknologi lain di Teknonisme.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *