Aplikasi YouTube Bakal Bisa Dipakai Siaran Langsung




YouTube

Sejak hadirnya Meerkat pada tahun 2015 yang lalu, platform siaran video atau lebih dikenal dengan video live stream pada perangkat mobile makin berkembang pesat. Langkah yang dilakukan oleh Meerkat ini kemudian dilakukan oleh Periscope yang mana belakangan ini lebih popular.

Tak ketinggalan salah satu media sosial yakni Facebook mengikuti tren tersebut dengan menghadirkan fitur Live ini. Saat ini, YouTube akan segera meramaikan industri siaran langsung dari piranti mobile tersebut.

Dikutip dari tekno.kompas.com, “Kami akan membawa kekuatan live streaming YouTube ke tangan anda,” begitu yang tertera pada blog resmi kepunyaan YouTube Creator.

live steraming

YouTube akan menghadirkan fitur live streaming (image : woctulsa.org
)

Ke depannya, bila kita ingin menyiarkan video langsung lewat smartphone, maka kita cukup menekan sebuah tombol merah yang ada pada layar aplikasi mobile YouTube pada iOS maupun Android.

Langkah selanjutnya, kita juga dapat memilih sebuah foto entah itu dari galeri maupun foto langsung pada aplikasi sebagai thumbnail. Tapi kita juga harus mengisi keterangan video sebelum kita menyiarkannya.

Bagitu kita mulai live, maka para followers akan diberi notifikasi agar menonton tanyangan dari kita. Antar mukanya kurang lebih mirip dengan Periscope. Kita juga dapat membalas chatting dari para followers kita sambil live secara real time.

Walaupun YouTube menghadirkan fitur ini, akan tetapi pihak YouTube tak mau dikatakan meniru fitur dari Periscope. Anak perusahaan dari Google tersebut berkilah bahwa YouTube adalah platform video terbesar yang sejatinya paling awal dalam memperkenalkan kemampuan live streaming.

“Kami telah menawarkan live streaming di YouTube sajak tahun 2011 yang lalu, sebelum kemampuan tersebut menjadi popular seperti saat ini,” ujar juru bicara dari pihak YouTube.

Hal ini diketahui pada saat itu YouTube menyiarkan langsung prosesi Royal Wedding, yaitu pada pernikahan Pangeran William dengan Putri Catherine Middleton. Yang mana setalahnya, ada beberapa acara besar yang disiarkan langsung oleh platform yang punya warna dominan merah tersebut.

“Menurut kami, ini merupakan penawaran yang benar-benar baru serta membuat anda semakin spontan dan juga intim dalam membagi pengalaman,” YouTube menuturkan.

Walaupun demikian belum ada kejelasan kapan fitur ini akan diluncurkan secara resmi ke publik. Saat ini fitur tersebut baru dalam tahap pengujian untuk beberapa pengguna terbatas.

Comments

comments