Aplikasi Effect Gitar Pada Android

Buat kamu yang hoby bermusik, khususnya musik rock, metal, alternatif, grunge, punk dan semua aliran musik yang membutuhkan sentuhan effect gitar untuk menghasilkan sound noice yang garang maupun yang soft sesuai selera. Bagi musisi pemula atau sekedar penghoby musik gitar mempunyai gitar tentu menjadi syarat mutlak untuk berlatih secara rutin dan bertahap.

Tapi untuk effect gitar tidak semua akan membelinya karena mungkin di rasa tidak terlalu harus membeli atau karena harganya yang juga tidak murah. Bagi yang memang ingin menjadi gitaris Pro, membeli effect tentu akan di usahakan dengan menabung atau sengaja merogoh koceknya untuk bisa memiliki dan berlatih lebih intens di rumah. Tapi untuk pemula yang sekedar coba-coba kamu bisa memanfaatkan android yang kamu miliki sebagai pengganti effect gitar.

Aplikasi effect gitar ini dapat kamu unduh di play store dan kamu instalkan di smartphone kamu. Caranya klik icon playstore pada android kamu, lalu masukkan key word “ usbeffect “ atau “Guitar effect” lalu klik icon pencari. Setelah itu pada layar android kamu akan muncul beberapa icon pilihan effect yang bisa kamu pilih sesuai selera. Ada AndRig, DrAmpfree, gutareffect, delay effect dan beberapa aplikasi sejenis yang punya spek dan keunggulan masing-masing.

Kamu dapat memilih dan mencobanya satu persatu tanpa harus menyewa effect di studio musik. Setelah itu unduh salah satu aplikasi dan instalkan pada smartphone kamu. Pastikan smartphone kamu dapat mensupport aplikasi effect gitar ini, karena apa bila smartphone dengan spek rendah biasanya tidak bisa support.

Setelah proses unduh dan instal selesai pastikan icon effect sudah muncul di layar smartphone kamu. Untuk menyambungkan nya dengan gitar dan soundsystem, kamu harus menyiapkan beberapa perangkat untuk menghubungkan gitar dengan smartphone dan smartphone dengan soundsystem. Prinsip dasarnya sama saja dengan menyambungkan gitar-effect-sound, hanya saja perlu port tambahan untuk menyambungkan input suara dari gitar masuk ke smartphone kamu.

Kamu harus membeli android USB effect yang bisa kamu dapatkan di toko-toko perangkat android atau toko online yang kini begitu mudah diakses. Siapkan juga kabel untuk menghubungkan gitar dengan USBPort dan kabel dari USBPort ke sound kamu.

Setelah kelengkapan itu semua tersedia, mulailah merangkai dengan urutan Gitar-USBPort-smartphone- soundsystem. Untuk jack gitar gunakan jackmic standart yang dihubungkan dengan kabel mic menuju USBPort, lalu pada USBPort terdapat dua dua dua lubang kontramic yaitu bagian input dan output. Bagian input disambungkan pada jackmic gitar dan bagian output di hubungkan pada sounsystem / ampilfier.

Lalu pada slot USB nya dihubungkan dengan smartphone kamu. Setelah semua terhubung kamu bisa mencoba terlebih dahulu konektivitas tegangan arus DC dari spull gitar yang masuk ke Soundsystem. Jika telah tersambung maka akan ada noice atau suara dengung pada speaker kamu. Jika belum terhubung maka lakukan pengecekan kembali pada tiap port dan sambungan kabelnya.

Setelah kamu berhasil memastikan antara spull hingga soundsystem kamu terlah terhubung maka kamu bisa mulai mencoba suara keluaran dari aplikasi effect di smartphone kamu. Buat kamu yang sudah terbiasa menggunakan effect digital maka pada smartphone kamu akan menampilkan display yang hampir sama dengan effect gitar pabrikan yang biasa digunakan pada studio musik.

Teknologi ini akan memudahkanmu belajar bermain gitar effect tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli effect gitar. Dengan aplikasi ini kamu juga dapat memaksimalkan fungsi smartphone kamu yang selama ini hanya habis kuota untuk bersosial media saja.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *