AnTuTu Benchmark Rilis 10 Chipset Tercepat Saat Ini, Siapa Jawaranya?

Kita ketahui bersama bahwa beberapa produsen smartphone dunia telah mengumumkan beberapa smartphone andalan mereka yang mana tentunya dengan bekal chipset yang powerfull.

AnTuTu Benchmark ini sering digunakan dalam mengukur performa secara keseluruhan dari smartphone. Dan baru-baru ini mereka telah merilis daftar chipset yang paling gahar yang dipasang di smartphone menurut AnTuTu Benchmark.

Dikutip dari beritateknologi.com, pada daftar peringkat kali ini kita akan diberikan 10 chipset yang paling sering digunakan oleh berbagai produsen smartphone, hal ini juga termasuk chipset dari Apple.

Kesempatan kali ini AnTuTu akan menampilkan dua daftar peringkat, yang akan menguji performa dari chipset dan performa grafis dari masing-masing chipset.

Smartphone Chip Permfomence TOP 10 on Antutu V6
skor setiap chipset (image : Antutu Benchmark)

Dapat kita lihat dari gambar diatas, bahwa chipset terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon 820 berhasil mempencundangi chipset Apple A9 dengan mencapai skor 136.383 sedangkan untuk chipset Apple A9 yang hanya memperoleh skor 132.657.

Sejak kemunculan dari Snapdragon 820 ini chip A9 bukan lagi chipset tergahar yang ada saat ini. Untuk posisi ketiga sendiri dipegang oleh chipset Exynos 8890 dan disusul oleh chipset Kirin 950 di posisi keempat.

Untuk chipset flagship tahun lalu, Exynos 7420 serta Snapdragon 810 masing-masing hanya menempati posisi kelima dan keenama berada di atas chipset kelas menengah. Hal yang mengejutkan adalah posisi ketujuh yang diisi oleh Snapdragon 652 yang dibuntuti oleh Apple A8.

Nah untuk posisi nomor dua dari bawah ditempati oelh Snapdragon 650 sedangkan untuk posisi buncit ditempati oleh Snapdragon 808.

Smartphone Chip GPU perfomance TOP 10 on Antutu
skor dari GPU performance (image : Antutu Benchmark)

Untuk selanjutnya adalah peringkat kinerja dari GPU yang mana lagi-lagi tempat puncak diisi oleh Snapdragon 820 dengan Adreno 530, untuk posisis runner up nya ditempati oleh Apple A9. Akan tetapi untuk kali ini terdapat perbedaan yang cukup jauh, hal ini berbeda dengan dengan skor performa yang hanya terpaut sedikit.

Mali-T880MP12 dalam Exynos 8890 cukup menempel ketat dengan PowerVR GT7600 dalam chip Apple, akan tetapi itu semeu terus menurun dari posisi tersebut dan seterusnya.

Sedangakn GPU Adreno 430 yang ada dalam Snapdragon 810 tak mampu bersaing di tiga GPU papan atas, termasuk dengan Mali-T880MP12 dalam Exynos 8890 yang juga tak mampu untuk diimbangi.

Hal aneh terhjadi di GPU Adreno 420 Snapdragon 805 menunjukkan dirirnya disini meskipun chipset tersebut tak nampak di pengujian performa di AnTuTu Top 10.

Dari kedua daftar tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa chipset Snapdragon 820 merupakan chipset tergahar untuk saat ini, yang disusul oleh chipset A9 yang dipasang di iPhone 6s serta 6s plus yang mempunyai performa yang mengesankan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *