Alat Ini Dapat Mendeteksi Benda Tersembunyi

Teknonisme.com – Pernahkah anda merasa risih saat berkendara di mobil, kemudian tiba-tiba ada orang yang muncul begitu saja berlari dari balik pohon ke jalan, dan anda kaget dan hampir mendabrak orang tersebut. Karena jangkauan mata yang terbatas, sehingga kemungkinan kecelakaan terjadi pada momen itu.

Namun bagaimanakah jika ada sesuatu alat yang dapat melihat benda dari tempat yang tersembunyi? Salah satunya dapat melihat ada orang di balik pepohonan saat anda berkendara?

Kini ada alat yang dapat mendeteksi orang atau sesuatu di balik tikungan. Dengan adanya algoritma pintar yang dikembangkan oleh para periset dari Massachussets Institute of Technology (MIT) Computer Science and Artificial Intellegence Laboratory (SCAIL), alat ini hadir untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat di tikungan seperti kasus di atas.

Teknologi ini memanfaatkan refleksi cahaya untuk menciptakan bayangan kabur atau penumbra. Seorang penulis utama makalah tentang teknologi tersebut, Katherine Bourman SM, PhD, mengatakan meskipun benda-benda itu tidak benar-benar terlihat oleh kamera, namun pada dasarnya masih dapat terlihat bagaimana gerakannya mempengaruhi penumbra untuk menentukan di mana posisinya berada dan ke mana perginya.

Anda tidak perlu menggunakan peralatan mahal seperti proyeksi cahaya untuk ruang anda. Teknologi ini dapat digunakan dengan smartphone biasa yang memenuhi kebutuhan pencahayaan, baik outdoor maupun indoor, baik cerah maupun hujan.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *