9 Kelebihan dari Chipset Snapdragon 845 yang Perlu Diketahui

Teknonisme.com – Perusahaan Qualcomm, produsen chip mobile terbesar di dunia, mengumumkan sistem on-chip (SoC) terbarunya, Snapdragon 845. Chipset anyarnya itu kemungkinan akan masuk ke setiap smartphone premium yang akan diluncurkan tahun depan.

Sebagai otak banyak ponsel terbaru, nantinya ini akan berdampak pada segala hal, mulai dari performa hingga masa pakai baterai dan kualitas kamera. Snapdragon 845 juga diklaim berpeforma sangat cepat.

Mirip dengan Snapdragon 835 saat ini, 845 akan menjadi chip 10 nanometer yang diproduksi oleh Samsung. Ponsel pertama yang didukung oleh chip tersebut akan hadir pada musim semi 2018, yang diharapkan terdapat pada Samsung Galaxy S9 dan LG G7.

Terdapat sembilan kelebihan pada smartphone Anda, jika menggunakan chip Snapdragon 845 ini, sebagaimana dikutip dari Mashable, Rabu (13/12).

BACA JUGA: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 636 dengan Quick Charge

9 Kelebihan dari Chipset Snapdragon 845

  1.  30% Grafik Yang kebih cepat

Satu hal yang bisa Anda andalkan dengan chip baru ini adalah performa yang lebih cepat. Muncul dengan chip grafis Adreno 630 baru, yang diklaim Qualcomm akan memperbaiki kinerja grafis dan rendering video hingga 30 persen.  Segala hal mulai dari bermain game 3D dengan framerate yang lebih tinggi untuk menonton video HDR 4K ke AR / VR mobile (disebut “XR” atau “extended reality), ini akan sangat membantu untuk keperluan kita sehari-hari.

2. Daya tahan baterai 

Grafik 30 persen lebih cepat tidak berarti mengorbankan konsumsi daya. Chip ini justru 30 persen lebih hemat daya dibanding 835. Hal ini berarti, konsumsi daya lebih rendah saat prosesor telepon menderu untuk peforma berkinerja tinggi, seperti game 3D dan VR mobile. Dan masa pakai baterai akan bertahan lebih lama lagi (kira-kira sampai 2 hari), jika Anda hanya berselancar di web dan browsing Instagram.

3.  Jaringan LTE dan Wi-Fi yang lebih cepat

Apa bagusnya aplikasi memuat sangat cepat, jika butuh waktu lama untuk mengunduh data? Dengan chip 845, modem LTE X20 terbaru yang memungkinkan kecepatan gigabit hingga 20 persen lebih cepat dibandingkan dengan mode LTE X16 sebelumnya. Perangkat akan mengunduh maksimal 1,2 Gbps pada jaringan yang didukung. Jaringan Wi-Fi baru yang menggunakan 802.11ad juga akan mencapai peningkatan kecepatan yang signifikan.

BACA JUGA: Inilah Peringkat Top 10 Smartphone di Minggu Ke-42

4.  Mesin belajar yang lebih cerdas

Semua orang memakai mesin belajar dan AI (terutama Google) untuk membantu menganalisa dunia dan lebih memahami data yang tersimpan di dalamnya. Ada prosesor sinyal digital hexagon 685 (DSP) yang terpasang pada chip 845, yang tiga kali lebih cepat dari pada 835.

DSP yang disempurnakan akan terhubung ke sensor segudang telepon untuk menyelesaikan tugas kompleks yang lebih cepat seperti pengenalan objek. Kedengarannya membosankan, tapi bila ponsel Anda bisa membedakan antara kucing, anjing, mobil, atau orang, itu sepertinya hal yang luar biasa dilakukan oleh smartphone.

5.  Audio Nirkabel

Dengan Bluetooth TrueWireless Qualcomm, peningkatan pada protokol nirkabel akan mengurangi konsumsi daya hingga 50 persen, sekaligus meningkatkan kualitas audio, kata perusahaan tersebut.

TrueWireless akan menyederhanakan semuanya dengan streaming langsung dari perangkat ke kedua earbud nirkabel. Ini akan memberikan suara audio nirkabel yang terdengar lebih baik. Chip 845 hadir dengan peningkatan audio lainnya, seperti codec WCD934x “Aqstic audio” yang akan memperbaiki deteksi perintah suara handsfree.

6.  Keamanan yang kebih baik

Kita menempatkan semua data terpenting kita pada smartphone, jadi sangat penting bahwa smartphone harus benar benar terlindungi keamanannya dari hacker.

Untuk pertama kalinya pada chip Qualcomm, ada “Secure Processing Unit” (SPU) khusus, yang bekerja seperti Apple’s Secure Enclave. Semua data biometrik Anda (yaitu sidik jari dan pindaian) disimpan di dalam SPU, terpisah dari penyimpanan telepon Anda. Informasi sensitif lainnya seperti data SIM dan nomor pembayaran mobile akan disimpan di dalam SPU juga.

BACA JUGA: Inilah Akuisisi Terbesar Dunia Teknologi Minggu Depan

7.  Foto yang tajam

Kamera telepon lebih dari sekadar sensornya. Prosesor sinyal gambar (ISP) perlu dapat memecahkan kode informasi cahaya tersebut dan kemudian memprosesnya dengan tepat untuk menghasilkan gambar yang tajam dan meminimalisir noise pada gambar. Chipset Snapdragon 845 memiliki Spectra 280 ISP baru yang akan memproses foto hingga 16 megapixels untuk reproduksi warna yang lebih baik dan jelas, saat Anda memotret sebuah semburan.

8.  Perekaman HDR pada Video

Chip 835 tahun ini membawa dukungan asli untuk tampilan High Dynamic Range (HDR) pada ponsel dengan display HDR-ready. Namun chip 845 baru ini akan membiarkan Anda merekam video dengan semua rentang dinamis ekstra, kontras yang lebih tinggi, dan peningkatan kejelasan yang diberikan format baru ini. Ponsel dengan chip baru ini akan bisa menangkap video beresolusi 4K di HDR hingga 60 fps.

9.  Dapat menangkap slow-motion

Perekaman gerak lambat sangat bagus, dan kebanyakan ponsel mendukung beberapa framerate yang cukup bagus, yang membantu membekukan aksi pada 120 dan 240 fps.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait Snapdragon atau informasi teknologi terkini lain di Teknonisme.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *