Budiono Darsono – Pendiri Detik.com-

gambar diambil dari kaskus.co.id

Kenapa tunggu besok kalau detik ini anda sudah tahu informasi?

-Slogan Detik.com-

 

Detik.com merupakan salah satu situs warta online yang mungkin sering kita baca. Melalui layar gadget atau komputer, detik.com menyuguhkan informasi terkini tentang berita, hiburan, olahraga, politik, teknologi, dan banyak jenis informasi lainnya.

Situs warta ini didirikan oleh 4 orang yang sudah berkecimpung dalam dunia informasi. Keempat orang tersebut adalah Budiono Darsono, Yayan Sopyan, Abdul Rahman dan Didi Nugrahadi. Di antara keempat orang tadi, Budiono-lah yang pertama kali memiliki ide untuk membuat situs berita online yang selalu up to date.

Masa Kecil hingga terinspirasi Membuat Detik.com

Saat lahir di Semarang pada tanggal 1 Oktober 1961, orang tuanya memberinya nama Budiman. Kehidupannya tak lepas dari menulis. Saat ia berada di Yogyakarta sekitar tahun 1982, ia sering mengetik cerita dan puisi dengan mesin ketik Brother. Tulisan – tulisan tersebut dikirim ke beberapa harian seperti harian Bernas, KR, Mingguan Eksponen dan kadang muncul di Harian Suara Merdeka dan Surabaya Post.

Saat terjadi krisis politik Jakarta tahun 1998, tabloid Detik gencar memberitakan krisis yang terjadi saat itu. Hingga tabloid tersebut diberangus pemerintah. Budiono yang saat itu bekerja sebagai wartawan di Detik terkena imbasnya. Ia kehilangan (pekerjaan yang amat disayanginya).

Kehilangan pekerjaan tak menghentikan Budiono menjadi wartawan. Hanya dengan modal Handy Talkie dan tape recorder, ia berani meliput tragedi 1998 saat mahasiswa gencar berunjuk rasa.

Perkembangan Detik.com

Dulu situs Detik.com pernah dikecam karena menampilkan berita yang tidak akurat. Selain itu, situs tersebut juga dikritik karena iklan yang dipasang di laman detik.com terlalu banyak.

Pada tahun 2011 Detik.com diakuisisi CT.Corp sebesar Rp. 540 Miliar. Semenjak saat itu, Detik.com mengalami banyak perubahan. Terutama dalam kualitas konten berita dan tampilannya. Saat ini Budiono Darsono menjabat Dirut Detik.com dan juga sebagai Dewan Redaksi.

Kini detik.com telah menjadi salah satu situs terbesar di Indonesia. Dengan hampir 3 juta hits per hari, situs ini adalah salah satu situs yang paling sering dibuka oleh netizen Indonesia.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *