Enda Nasution – Bapak Blogger Indonesia –

pic : pakeapa.com

Sahabat blogger Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan orang yang satu ini. Dimulai dari salah laman webnya yaitu “Apa itu blog?” yang menjadi langkah awal perkembangan blog di Indonesia. Kini beragam prestasi telah dicapainya. Apabila tidak ada beliau, mungkin saja orang Indonesia tidak akan pernah mau tahu tentang blog. Hingga pria kelahiran Bandung, 29 Juli 1975 dengan nama Enda Nasution ini dijuluki “Bapak Blogger Indonesia”.

Dalam tulisan “Apa itu blog?”-nya, ia menjelaskan blog dengan bahasa yang formal namun mudah dicerna. Pada waktu itu, ia berharap orang – orang Indonesia dapat melihat potensi yang dimiliki blog. Sesuai harapannya, banyak orang yang mulai tertarik untuk mendalami blogging. Lebih dari 500 komentar telah diucapkan dalam laman tersebut. Bahkan, saking fenomenalnya tulisan “Apa itu blog?”, beberapa media massa menyebutnya sebagai “salah satu panduan hidup blogger Indonesia”.

Saat ini banyak anak muda dan orang dewasa yang telah memanfaatkan blog dalam kehidupan mereka. Enda percaya, apabila blog sudah ada 80-an tahun yang lalu, para tonggak muda Indonesia akan menyatakan sumpah pemuda dalam blog mereka. Ia juga mengatakan betapa blog sudah mengubah arah sejarah.

Selain aktif di dunia blog, ia juga pernah menjalani karir sebagai penulis iklan yang membuatnya memenangkan dua Penghargaan Iklan Indonesia melalui iklan Dancow dan Sampoerna A Mild . Melalui karyanya, ia juga pernah dinominasikan sebagai salah satu finalis Clio Advertising Award. Beragam penghargaan yang telah ia peroleh membuatnya masuk dalam daftar “The Hottest Creative Person in Asia” dari Campaign Brief Magazine pada tahun 2003.

Jalannya mengenalkan blog ke khalayak nusantara bukan jalan yang mulus dan tanpa hambatan. Tidak semua orang mau dan berani mengutarakan apa yang ada di dalam pikiran mereka. Bahkan orang – orang sinis menganggap para blogger sebagai “tukang bohong”.

Semua hal itu membawa kita pada hari ini, di mana jumlah blogger di Indonesia sudah mencapai ratusan ribu orang. Sudah tumbuh dan berkembang berbagai macam komunitas blogger di berbagai wilayah Indonesia. Bahu – membahu menghadapi tantangan di masa depan. Seperti yang dikatakan beliau di The Jakarta Post, blogger itu bukan apa – apa kalau cuma sendirian”.

Comments

comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *