5 Trik Menghemat Data Memori Internal Pada iPhone

Teknonisme.com – Seperti kita ketahui bahwa iPhone tidak menyediakan memori eksternal untuk menambah daya simpan data Anda pada ponsel besutan Apple ini. Tidak sedikit yang merasa tidak leluasa untuk menyimpan data mereka pada ponsel yang terkadang sering penuh.

Berikut adalah beberapa trik baru yang akan membantu Anda mendapatkan kembali beberapa penyimpanan yang berharga pada iPhone Anda, sebagaimana dikutip dari Mashable, Kamis (30/11).

5 Trik Menghemat Data Memori Internal iPhone

1.      Foto dengan format High Effeciency

Jika Anda menggunakan iPhone 7 atau sistem operasi yang lebih baru dengan iOS 11, Apple memiliki format kompresi “High Efficiency” baru yang menyimpan foto di HEIF (High Efficiency Image Format) dan bukan JPEG dan video di HEVC (High Efficiency Video Coding) dari H.264 (.mov).

Apple mengatakan bahwa Anda dapat menyimpan dua kali lebih banyak foto di HEIF dibandingkan dengan JPEG. Dalam beberapa tes, foto HEIF mencatat ukuran file hingga 80 persen lebih kecil. Format Efisiensi format High Effeciency sudah secara default pada iOS 11, namun jika Anda tidak yakin apakah itu benar atau jika Anda telah menonaktifkannya secara tidak sengaja, maka masuk ke Settings> Camera> Format> dan pilih “High Efficiency” dan buka “Most Compatible “.

BACA JUGA: Inilah Fitur Paling Menarik di iPhone X yang Perlu Kamu Tahu

2.      Hapus foto dan video dalam Messages

Tentu saja Anda sering mengirim banyak foto atau video dalam Messages? Hal ini ternyata cukup memakan banyak ruag di memori Anda, kemungkinan besar terdapat duplikat pada aplikasi foto dan Messages itu sendiri. Dan mungkin terdapat banyak pesan lama yang sudah tak berarti yang belum Anda hapus sehingga menumpuk dan memakan memori Anda.

Anda perlu memghapusnya satu per satu dan itu melelahkan. Jika Anda menggunakan iOS 11, ada metode yang lebih mudah untuk menghapus lampiran ini. Cukup buka Setelan> Umum> Penyimpanan iPhone dan gulir ke bawah “Tinjau Lampiran Besar” dan ketuk. Sekarang, Anda akan mendapatkan seluruh daftar semua lampiran yang Anda kirim dalam Messages. Ketuk “Edit” dan pilih semua yang ingin Anda hapus.

3.      Setel pesan untuk dihapus secara otomatis

Hal terbaik tentang Snapchat adalah setiap pesan yang Anda kirim secara otomatis akan dihapus setelah dibuka, tidak akan membuang-buang penyimpanan lokal Anda. Itu tidak sama untuk Pesan, kecuali Anda mengatur masa kadaluwarsanya.

Meskipun tidak segera hilang, Anda dapat mengatur waktu kadaluwarsa untuk pesan yang secara otomatis dibersihkan setiap 30 hari atau setiap tahun. Dengan cara buka Pengaturan> Pesan dan di bawah “Riwayat Pesan” ketuk “Simpan Pesan” dan tetapkan waktu yang Anda inginkan.

BACA JUGA: Apple Akan Pakai Teknologi 5G Untuk iPhone di 2018

4.      Offload aplikasi yang tidak terpakai

Di iOS 11, ada fitur penyimpanan hemat lainnya yang disebut “Offload Unused Apps”. Masuk ke Settings> General> iPhone Storage lalu klik “Enable”. Setelah keluar dari aplikasi, iPhone Anda akan secara otomatis menghapus aplikasi yang tidak terpakai saat penyimpanannya rendah.

Jadi, game yang mungkin tidak sering Anda mainkan atau aplikasi yang hampir tidak Anda gunakan akan dihapus. Data yang tersimpan di aplikasi akan tetap utuh, dan jika Anda memilih untuk mengunduh lagi aplikasi yang dihapus secara otomatis ini, mereka akan mengembalikannya kembali ke keadaan sebelumnya seolah-olah tidak pernah hilang.

BACA JUGA: Ternyata Fitur Face ID Pada iPhone X Bisa Diretas Pakai Masker

5.      Hapus cached data App

Beberapa aplikasi seperti Twitter memiliki cache yang banyak, agar saat membuka kembali dapat lebih cepat. Tapi semua caching ini bisa menghabiskan banyak ruang di memori internal ponsel Anda.

Ketuk pada “Settings and privacy” dan kemudian “Data usage”. Kemudian, ketuk “Penyimpanan media” dan “Hapus penyimpanan media”. Lakukan hal yang sama untuk pengaturan “penyimpanan Web” jika terlihat banyak cached.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait iPhone atau informasi teknologi lain di Teknonisme.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *