5 Tips Memperlama Daya Baterai Laptop

Berikut ini langkah-langkah yang dapat segera dilakukan untuk memperpanjang baterai. Anda dapat mempraktekkan tips berikut untuk penghematan jangka pendek.

  1. Aktifkan ‘Battery Saver Mode’ atau ‘Eco Mode’

Beberapa pengaturan pada pilihan Battery Saver atau Eco Mode menyediakan perubahan otomatis yang memperpanjang daya baterai. Penggunaan mode ini cocok jika baterai laptop anda sedang low atau anda masih ingin menggunakan laptop anda untuk pekerjaan yang ringan. Mode ini mengubah pengaturan laptop anda dan mengganti komponen-komponen ke dalam mode yang mengonsumsi daya minimal sehingga baterai akan lebih tahan lama.

  1. Matikan perangkat dan port yang tidak digunakan

Cara paling mudah untuk mengurangi konsumsi daya baterai adalah dengan mematikan beberapa perangkat. Setiap perangkat di laptop anda butuh tenaga dari baterai untuk bisa berfungsi, tapi tidak berarti harus menyala tiap saat. Beberapa hal yang dapat dimatikan (disconnect) adalah mouse USB, drive eksternal, Wi-Fi, Bluetooth, processor grafik dan drive yang tidak terpakai.

Sebelum mematikan semua komponen atau perangkat, pastikan perangkat tersebut tidak sedang digunakan.

Langkah-langkahnya :

  • Buka Control Panel dan cari Device Manager
  • Dalam Device Manager tiap komponen dikelompokkan dalam kategori
  • Pilih perangkat yang ingin dimatikan, klik kanan lalu pilih ‘Disable’

 

  1. Ubah pengaturan laptop anda

Salah satu pengaturan / setting yang jarang diperhatikan adalah pencahayaan keyboard. Matikan fitur ini, kecuali anda sedang mengetik dalam keadaan gelap karena fitur ini sebenarnya mengonsumsi banyak daya baterai.

  1. Matikan Aplikasi dan Proses yang tidak penting
    Tidak hanya hardware saja yang memakan daya baterai laptop anda. Banyaknya aplikasi dan proses yang dijalankan dalam laptop anda secara bersamaan akan menguras daya baterai anda.
  • Di Windows, mulai dengan mencari di System Tray, kumpulan ikon di pojok kanan bawah desktop anda, di sebelah jam. Di sebelah kiri System tray, pilih ikon untuk memunculkan hidden icon (ikon tersembunyi). Amati aplikasi apa saja yang berjalan di background.
  • Buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc. Cari di tab Applications dan tutup aplikasi yang mungkin lupa belum anda tutup
  • Di tab Processes, matikan aplikasi yang tidak penting seperti musik atau video player.

 

  1. Simpel Aja

Memperpanjang daya baterai bisa dengan memperkecil aktifitas laptop. Hindari menjalankan beberapa program secara bersamaan (multitasking) terlebih jika program yang dibuka merupakan program yang memakan banyak memori.

Jika anda sedang mengetik, jangan buka aplikasi lain kecuali pemutar musik. Pemutar musik pun dianjurkan yang local, karena dengan streaming musik melalui internet pasti membutuhkan perangkat Wi-Fi atau sejenisnya yang akan menguras baterai.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *