5 Langkah Ini Buat Ponsel Anda Seperti Baru!

Teknonisme.comSmartphone memang telah menjadi kebutuhan utama di dunia serba digital saat ini. Terlebih, berkurangnya produksi ponsel non-pintar membuat, gawai pintar menjadi merajalela dan teknologi yang sudah wajib dimiliki oleh generasi milenial saat ini.

Namun, kita seringkali dijengkelkan dengan berbagai pembaharuan produksi ponsel, atau ponsel yang kita miliki menjadi semakin berpeforma buruk setelah lama kita miliki. Sehingga, hal itu membuat kita ingin membeli ponsel pintar yang baru lainnya, agar ponsel kita selalu terlihat lebih baik dari orang lain.

Tunggu dulu! Sebaiknya, kita tak perlu terburu-buru membeli ponsel baru hanya karena faktor fungsional dan faktor non teknis lainnya mengurangi kinerja ponsel kita. Ikuti trik-trik sederhana ini untuk memastikan kinerja ponsel tetap sama seperti awal kita membelinya, sebagaimana dikutip dari Gadgets Now, Selasa (28/11) .

Langkah Membuat Ponsel Pintar Seperti Baru

  1. Beli Pelindung Ponsel dan Layar

Ini mungkin terlihat sangat sederhana yang dapat kami sarankan. Namun, ini cukup penting dilakukan. Seberapa lamapun ponsel pintar milik Anda telah digunakan, hal ini penting untuk dilakukan.

Dengan membeli pelindung badan ponsel dan layar, ponsel akan terlindung dengan baik ketika terjatuh, dan meminimalisir kemungkinan terjadinya hang atau crash saat ponsel mengalami benturan.

BACA JUGA: 10 Tips Merawat Gadget Anda Agar Lebih Awet

2. Bersihkan Ponsel Anda Secara Teratur

Terlepas dari penggunaan pelindung ponsel dan layar di ponsel Anda. Anda juga disarankan membersihakn ponsel Anda secara teratur.

Anda bisa membawa kain serat mikro kecil untuk membersihkan bagian eksterior ponsel Anda secara rutin dan teratur. Mengapa kain serat mikro? Sebab, jika Anda menggunakan tisu basah, yang banyak dilakukan orang, akan membuat ponsel Anda lebih lembab dan berpengaruh pada kinerja mesin ponsel pintar Anda.

3. Jangan Meletakkan Banyak Aplikasi di Layar Utama (Homescreen)

Sama dengan laptop atau komputer, ponsel pintar juga perlu dijaga kerapihan aplikasinya di Layar Utama tampilan ponsel. Ketika Anda merasa ponsel Anda berpeforma lambat, coba sebaiknya merapikan berbagai aplikasi agar tidak menumpuk di Layar Utama ponsel Anda.

Tidak hanya mampu memperlambat kinerja mesin ponsel, penumpukkan aplikasi di Layar Utama ponsel, akan membuat baterai Anda semakin cepat habis. Untuk menghindari kedua masalah tersebut, sebaiknya Anda rapihkan aplikasi Layar Utama ponsel Anda, dijadikan satu di widget yang tersedia pada ponsel Anda.

BACA JUGA: Tips Turunkan Penggunaan Data Android dan iPhone

4. Memasang Aplikasi Anti Malware

Memiliki aplikasi anti malware di ponsel sangat berguna bagi kinerja ponsel Anda. Dengan aplikasi tersebut, ponsel Anda akan terkontrol dengan baik dari adanya kemungkinan malware yang memperlambat kinerja mesin ponsel pintar Anda.

Aplikasi anti malware sendiri tersedia di Google Play Store atau App Store. Anda bisa memilih mana yang menurut Anda baik untuk digunakan. Dengan aplikasi tersebut pula, kinerja mesin ponsel pintar Anda akan meningkat.

5. Ingatlah Hal Ini Untuk Merawat Ponsel Anda

Ada beberapa hal mendasar yang dapat Anda lakukan untuk merawat ponsel pintar Anda dengan lebih baik. Pertama, jangan tinggalkan aplikasi yang tidak terpakai terpasang di background tampilan ponsel.

Banyak orang cenderung lupa saat menonaktifkan opsi Wi-Fi atau Bluetooth setelah digunakan. Hal itu akan membuat kinerja mesin dan performa baterai ponsel cenderung melambat dan cepat habis.

BACA JUGA: Ikuti Cara Ini Agar File Digital Anda Aman!

Kedua, biasakan diri membersihkan cache browser Anda secara rutin. Jika Anda biasa mengeksplorasi internet dalam waktu lama, dan lupa tidak membersihkan cache-nya, akan membuat memori ponsel Anda menimbun banyak ‘sampah’ dari internet yang memperlambat kinerja ponsel Anda.

Ketiga, meskipun terlihat menarik, penggunaan tampilan wallpaper bergerak atau hidup, tidak lebih baik dari tampilan wallpaper biasa. Penggunaan wallpaper pada tampilan yang bergerak akan menguras baterai ponsel dengan cepat.

Baca terus artikel menarik lainnya mengenai tips dan trik atau informasi lain terkait teknologi di Teknonisme.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *